Mengenal Jenis-jenis Coklat yang Baik di Konsumsi

Sabtu, 13 Februari 2016 10:52

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Bagi anda yang suka mengonsumsi coklat, tentunya tau akan harga-harga yang dibandrol dari sebagian coklat tersebut. Namun jangan sembarangan mengonsumsi coklat karena terlena dengan harga yang relatif murah.

Diketahui coklat memang banyak sekali ragam dan jenisnya, dan bervariasi pula harganya. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentunya ada perbedaan dari coklat yang dibandrol harga yang murah dengan harga yang mahal.

“Banyak ragam dari coklat tersebut, harga pun bervariasi, mulai dari yang murah sekali sampai yang mahal, tapi kita bagi penikmatnya jangan terlalu banyak mengonsumsi cokelat, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,” ungkap Reni selaku Ahli Gizi di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Riau.

Nah, untuk itu, pentingnya bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis dari aneka ragam cokelat tersebut.

Baca: Siang Ini Pekanbaru Diperkirakan Hujan

Pertama, coklat couverture. Terbukti sebagai coklat terbaik, coklat ini murni dengan presentasi lemak kakao yang tinggi mulai 32-39 persen, sehingga menghasilkan flavor yang baik. Umumnya cokelat ini dibuat dua varian rasa, yaitu bittersweet dan milk coklat. Rasa yang cenderung pahit dan harganya yang relatif lebih mahal.

Kedua, coklat Plain. Terbuat dari pasta cokelat yang didinginkan dan dibekukan, tanpa adanya penambahan gula. Biasa digunakan untuk membuat kue atau garnish. Untuk cokelat jenis ini, cocok digunakan untuk kue, cake dan lainnya. Memiliki presentasi masa kakao bervariasi antara 30 persen sampai 70 persen. Karena jika semakin tinggi konsentrasi massa kakao nya, semakin baik pula flavournya.

Ketiga, milk coklat. Untuk cokelat jenis ini, dibuat dengan menggunakan pasta cokelat dengan ditambahkan lemak coklat, gula dan susu vanila. Coklat ini merupakan jenis coklat yang paling populer, bisa langung dikonsumsi. Namun tidak cocok digunakan untuk bahan kue, karena selain kandungan cokelatnya lebih sedikit, coklat ini juga mudah hangus kalau dilelehkan.

Keempat, coklat kualitas premium. Coklat ini mengandung banyak cocoa liquor atau sari biji kakao yang berbentuk pasta, cocoa butter dan cocoa solid. Makin tinggi kandungan cocoa liquor nya, makan makin terasa sensasi pahit dari cokelat tersebut.

Kelima, cocoa powder atau cokelat bubuk. Terbuat dari pasta cokelat yang sebagian besat lemaknya telah dikeluarkan. Coklat ini mudah menyerap uap air dan bau, sehingga harus dijaga di tempat kering dan tertutup rapat. Mempunyai aroma yang kuat, tidak tengik, tidak bulukan dan tidak berjamur.

Dan masih banyak lainnya lagi jenis-jenis cokelat yang ada di pasaran. Semoga bermanfaat dan membantu anda lebih mengenal jenis-jenis coklat agar terhindar dari berbagai coklat yang tidak jelas unsur dan bahannya. (Dilla)