Mau Jadi Backpacker, Jangan Cuma Modal Nekat

Rabu, 29 Januari 2014 12:15

 BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU- Petualang sejati tak sekedar mengandalkan fisik namun juga harus siap secara pemikiran dan mental. Seperti yang dituturkan ketuaYantosrw Backpackers Community Pekanbaru, Yantos M.Si, Rabu (29/01/2014). “Sebelum memutuskan berpetualang sebagai backpacker semuanya harus diset sebelum berangkat. Tidak sekedar modal nekat,” ujar dosen politik UIN Suska ini.

Kata Yantos bagi traveller pemula, tepat tidaknya perhitungan budget bisa menentukan kenyamanan selama perjalanan. Hindari memikirkan biaya akomodasi pas tiba di lokasi tujuan. “Meskipun jadwal keberangkatan masih lama, semuanya mesti disiasati. Baik itu tiket transportasi murah, penginapan. Kalau perlu cari relasi agar biaya bisa minim,” ujarnya.

Selain itu pelancong mesti tahu dan memperhatikan tiap tata tertib lokasi yang disinggahi. Ia mencontohkan saat komunitasnya yang terdiri dari dosen dan pegawai travelling ala backpacker ke Singapura. “Kita sudah pelajari dulu tata tertib di sana yang sangat memperhatikan kebersihan. Buang puntung rokok saja bisa di hukum penjara seminggu. Supaya perjalanan tidak terganggu,” tambahnya. Namun yang utama backpacker tidak sekedar mencari kesenangan semata. “Harus ada nilai yang diambil dari setiap perjalanan,” ujarnya singkat. Sambil jalan harus ada manfaat yang di bawa pulang. (Riki)

Baca: Makan Burger Perburuk Asma.