Manfaat Ubi atau singkong

Kamis, 23 Januari 2014 19:37

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Ubi atau singkong merupakan salah satu bahan pangan yang mudah dijumpai, pembibitannya juga mudah, dengan hanya menancapkan potongan batangnya ketanah, jika tanah tersebut gembur maka batang ubi tersebut akan tumbuh dengan subur.

Nah.. mau tahu apa saja manfaat ubi atau singkong? simak penjelasan singkat dibawah!

1. Ubi atau ingkong baik untuk diet rendah kalori anda karena kaya akan serat namun rendah karbohidrat, jadi anda akan lebih lama terhindar lapar daripada memakan nasi atau roti.

2. Ubi atau singkong baik untuk kesehatan pencernaan anda karena mempunyai serat yang tidak mudah diserap air dan mampu membuang toksin pada usus.

Baca: Gratis, Liga Dangdut Indonesia Ada di Pekanbaru

3. Dapat mengatasi luka bernanah, batang ubi atau singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, ubi atau singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

4. Obat luka karena terkena benda panas, ubi atau singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

5. Dapat mengatasi diare, tujuh lembar daun ubi atau singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

6. Sebagai obat cacingan, 60 gram kulit batang ubi atau singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa manfaat ubi atau singkong. Semoga tulisan bermanfaat untuk pembaca.(smr)
Â