Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan

Senin, 14 September 2020 13:35
Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kebanyakan orang Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan buah kurma. Buah yang rasanya manis legit ini, banyak dicari saat bulan puasa.

Buah kurma memiliki beragam jenis, salah satunya adalah kurma Ajwa. Kurma Ajwa atau disebut juga dengan kurma Nabi adalah salah satu jenis kurma yang popular.

Advertisement

Kurma Ajwa memiliki warna yang gelap dengan cita rasa manis dan lembut. Selain rasanya yang lezat, kurma Ajwa juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat dari kurma Ajwa bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Baca: Khotbah Jumat: Bergantunglah Hanya Kepada Allah

1. Menjaga kesehatan pencernaaan

Di dalam kurma Ajwa terdapat serat jenis tidak larut. Serat ini akan sangat membantu memadatkan feses sehingga pencernaan menjadi lancar. Diare dan sembelit bisa dihindari dengan memakan kurma Ajwa.

2. Membantu menurunkan risiko diabetes

Kurma Ajwa memang terkenal sebagai buah yang memiliki tingkat rasa manis yang tinggi. Namun, rasa manis kurma Ajwa tidak meningkatkan risiko diabetes.

Hal tersebut karena adanya kandungan serat yang membantu menurunkan risiko diabetes. Serat tak larut bisa dicerna lebih lambat yang membuat tubuh bisa mengontrol banyak tidaknya kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan otak

Seperti diketahui, kandungan antioksidan dalam kurma Ajwa bisa mencegah radikal bebas yang membuat penyakit seperti diabetes hingga peradangan otak bisa terjaga.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kurma Ajwa dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Serat tak larut ini juga dapat mempermudah dalam urusan buang air besar. Kemampuan mengenyangkan dan mempermudah urusan buang air besar, membuat kurma Ajwa sangat cocok untuk makanan khusus orang yang menjalankan program diet.

Nah, itulah manfaat buah kurma Ajwa bagi kesehatan. Yuk, mulai sekarang konsumsi buah kurma Ajwa. (mg5)