Manfaat Buah Duku bagi Tubuh

Rabu, 22 Januari 2014 16:27

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Sebagai buah yang sering dijumpai di daerah tropis seperti Indonesia maka kita akan dengan mudahnya menjumpai buah yang satu ini, apa lagi pada musimnya, akan banyak pedagang yang menjajakan buah duku dipinggiran jalan. Berhubung musim buah duku telah tiba, tidak ada salahnya kali ini kita membahas manfaat buah yang paling disukai baik kalangan orang tua hingga anak-anak karena rasanya yang manis dan tidak repot untuk dimakan.

Berikut manfaat buah duku yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya.

1. Memperlancar sistem pencernaan. Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

2. Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare. Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

Baca: Pemko Pekanbaru Gelar Ramah Tamah dengan Legiun Veteran

3. Dapat menguatkan gigi karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.

4. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.

5. Untuk Mengusir Nyamuk. Kulit buahnya dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar

6. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker

Bagaimana? ternyata banyak khasiat dari buah duku yang belum kita ketahui bukan?(smr)