Liburan Tengah Tahun Tiba

Rabu, 18 Juni 2014 07:03

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA -Tengah tahun adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi anak-anak, demikian juga dengan orang tua. Inilah saat di mana keluarga bisa merayakan liburan tengah tahun bersama, dan mendapatkan quality time bersama keluarga setelah didera kesibukan sekolah dan pekerjaan sepanjang tahun.

Akan tetapi liburan pertengahan tahun kali ini sedikit unik, karena bertepatan dengan menjelang bulan puasa dan lebaran. Oleh sebab itu sebaiknya direncanakan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan keuangan bocor dan berantakan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan selama liburan pertengahan tahun ini.


1. Harap diingat bahwa biaya-biaya menjelang bulan puasa biasanya akan naik sehingga bisa saja berdampak pada kenaikan biaya-biaya yang berhubungan dengan liburan, misalkan makan-minum selama liburan dimungkinkan akan naik.
2. Oleh sebab itu siapkan anggaran lebih untuk biaya makan-minum bersama anak-anak dan keluarga dalam liburan kali ini.
3.Seperti halnya liburan-liburan lain, liburan pertengahan tahun termasuk ke dalam jadwal liburan “high season”, sehingga biaya yang berhubungan dengan liburan termasuk tiket (bus, kereta, pesawat) akan menjadi mahal, demikian juga biaya akomodasi, persiapkan jauh-jauh hari.
4. Berdekatan dengan liburan kali ini memasuki bulan puasa dan lebaran, dimungkinkan biaya liburan bisa lebih tinggi lagi dibandingkan dengan liburan-liburan tengah tahun biasanya (biaya liburan high season + puasa/lebaran).
5. Pertimbangkan untuk melakukan liburan tengah tahun kali ini dengan wisata di kota Anda saja, lakukan aktivitas yang tidak menelan biaya besar.
6. Saat ini mulai banyak ditawarkan kursus/permainan yang memberikan kesibukan kepada anak-anak Anda untuk melakukan hal-hal baru (seperti belajar) akan tetapi dilakukan dengan cara yang santai dan menyenangkan, untuk mengisi liburan anak Anda.
7. Untuk menghemat biaya, apabila dimungkinkan liburan sekolah yang masuk ke masa puasa dan dekat dengan liburan lebaran (biasanya 1 minggu sebelum lebaran, dalam hal ini sekitar minggu ke 3 bulan Juli), maka bisa saja liburan tengah tahun digabungkan dengan liburan mudik (apabila melakukan aktivitas mudik lebaran).
8. Dalam kasus tertentu, ketika keuangan sudah ketat maka Anda tidak bisa melakukan kedua aktivitas (liburan tengah tahun dan mudik lebaran) oleh sebab itu, Anda dapat memilih apakah tetap berpergian untuk liburan tengah tahun di bulan Juni-Juli saja, atau menunda liburan tengah tahun dan menjadikan mudik sebagai waktu liburan Anda dan keluarga.
9. Persiapkan diri dan fisik untuk liburan, jangan sampai selama liburan atau setelah liburan bukannya kesenangan yang didapatkan, malah justru menyebabkan Anda atau anak-anak menjadi sakit.

Baca: Hari Ini Riau Terik Lagi

Yang harus selalu diingat adalah, liburan selalu terjadi setiap tahun, oleh sebab itu tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak bisa merencakan liburan tersebut dari jauh-jauh hari. Semakin lama kita mempunyai waktu untuk merencanakannya, semakin kita memiliki opsi banyak untuk liburan yang ujung-ujungnya bisa menghemat biaya liburan tersebut.(Detik)