Langkah Yang Tepat Mencuci Wajah

Jumat, 08 Agustus 2014 10:54

BERTUAHPOS.COM, Wajah merupakan mahkota bagi wanita. Sehingga untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik nan ayu wanita rela menghabiskan waktunya untuk merawat kulit wajah serta sering membersihkannya. Walau terlihat mudah, ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci wajah. Yuk, cari tahu cara yang tepat dilansir dari laman femina.com :

1. Mencuci terlalu sering

Rajin mencuci wajah tidak berarti bebas dari masalah. Bahkan, jika terlalu sering kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Wajah juga akan terlihat kusam, mudah berkerut, dan muncul garis halus.
Jika hanya beraktivitas di dalam ruangan, hindari mencuci wajah terlalu sering. Idealnya, mencuci wajah dilakukan di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah selesai beraktivitas. Menurut dr. Riri Elmarina, M.Kes, mencuci wajah cukup 2 kali sehari. Saat melakukan aktivitas outdoor atau berolahraga, boleh mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari.  

2. Lupa membersihkan tangan

Baca: 5 Stadion Eropa dengan Rataan Kedatangan Suporter Terbanyak dalam Semusim

Tanpa sadar ketika mencuci wajah kita lupa memperhatikan kebersihan tangan. Telapak tangan merupakan salah satu tempat bersarangnya banyak bakteri karena sering menyentuh berbagai macam benda. Jika mencuci wajah dengan tangan kotor, otomatis bakteri juga melekat pada wajah. Hal inilah yang biasanya memicu timbulnya jerawat.

3. Membasuh dengan air panas

Mitos mengatakan bahwa membasuh dengan air hangat dapat membuka pori kulit sehingga dapat membersihkan lebih dalam. Perawatan diakhiri dengan membilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori.
Faktanya, pori tidak dengan mudah terbuka dan tertutup. Penggunaan air dengan suhu panas yang tinggi justru menyebabkan kulit lebih kering, kasar, bahkan terbakar. “Sebaiknya gunakan air dengan suhu ruang yang normal, yaitu sekitar 25o C,” saran dr. Riri.

4. Hanya mengandalkan Facial wipes

Facial wipes atau tisu wajah merupakan solusi praktis untuk membersihkan wajah saat bepergian. “Perlu diingat, fungsi facial wipes hanya untuk menghapus riasan, tapi tidak membersihkan dan menutrisi kulit,” jelas dr. Riri.
Jadi, mencuci wajah setelah beraktivitas wajib dilakukan, apalagi jika make up masih melekat  di wajah. Lakukan tahapan pembersihan yang tepat, yaitu dimulai dengan make up remover, susu pembersih, sabun pembersih wajah, dan face toner.

5. Memilih yang kesat

Banyak anggapan bahwa kulit yang bersih berarti kesat dan kencang. Jangan salah kaprah, rasa kesat berarti sabun pembersih Anda terlalu kering dan memiliki kadar detergen yang tinggi. Pembersih ini dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya dan menimbulkan garis-garis halus pada wajah.
Formulasi sabun wajah yang baik ditandai dengan busa yang tidak terlalu banyak dan memberikan rasa lembut menyegarkan. Sesuaikan tekstur sabun dengan permasalahan kulit. Pilih sabun gel untuk kulit berminyak, oil cleanser untuk kulit kering, dan sabun bertekstur krim untuk kulit sensitif.

6. Salah menggunakan scrub

Tidak semua masalah kulit dapat diatasi dengan eksfoliasi. Kondisi kulit yang sedang berjerawat justru akan  makin meradang jika dieksfoliasi. Begitu juga dengan kulit yang kering,  justru akan membuat kulit teriritasi dan kemerahan.
Lebih baik gunakan scrub pada saat kulit dalam keadaan normal, tidak iritasi dan berjerawat. Lakukan pada malam hari ketika kulit sedang melakukan proses regenerasi sel. Cukup lakukan seminggu sekali.(*)