Lama-Lama Diruangan Ber-AC, Ini Penyakit yang Akan Dialami

Sabtu, 06 Februari 2016 14:44

BERTUAHPOS(BPC), KESEHATAN – Sebagian masyarakat acap kali menggunakan Air coditioner(AC) di rumah. Selain itu, rutininas bekerja dalam ruangan di kantor biasanya juga menggunakan AC. Ternyata ada beberapa efek buruk dari AC pada kesehatan tubuh.

Menurut Dokter Liza kepada bertuahpos mengatakan, bahwa jika terlalu lama di ruang yang ber AC bisa menimbulkan berbagai macam penyakit minsalnya, sesak nafas, masalah kulit dan lain-lain. Selain itu, penyakit lain yang bisa muncil efek kedinginan itu adalah

Pertama, penyakit paru-paru, penyakit paru-paru adalah salah satu efek buruk dari seringnya berada di dalam ruangan ber-AC. Sebab AC mampu membuat perubahan suhu dan kelembaban secara mendadak. Perubahan ini mampu mengganggu kesehatan sistem pernapasan Kita.

Kedua, masalah kulit, semakin lama dan seringnya Kita duduk di ruang ber-AC, Kita akan berpotensi besar memiliki masalah dengan kesehatan kulit Kita. Sebab AC dapat merampas kelembaban alami kulit dan selaput lendir di dalam kulit Kita.dan membuat kulit menjadi kering.

Baca: Kenali 3 Penyebab Timbulnya Penyakit Hati dalam Islam

Ketiga, menyebabkan alergi. debu dan udara kotor yang terperangkap di dalam ruangan ber-AC mampu memicu datangnya alergi. Udara pun menjadi tidak sehat sebab tidak adanya sirkulasi udara di dalam ruangan.

Keempat, flu, terlalu sering di dalam ruangan ber-AC juga dapat membuat tubuh Kita sakit. Sebab virus penyakit yang dibawa oleh orang yang sedang sakit seperti sakit flu tidak dapat keluar karena tidak adanya sirkulasi.

Kelima, mata kering, udara ber-AC juga dapat membuat penyakit mata seperti konjungtivitis dan blepharitis serta menciptakan masalah kesehatan mata bagi para pemakai lensa kontak.

Ke enam, tidak tahan dengan udara panas, karena kita terlalu sering di dalam ruangan yang berudara dingin, maka tubuh Kita pun tidak lagi mampu menahan udara yang panas. Sehingga Kita pun mudah berkeringat secara berlebihan ketika udara panas.

“Jadi untuk menjaga kesehatan kita jangan terlalu sering dan lama diruanganan ber-AC ini “ ujar Liza.

Inila efek samping yang ditimbulkan saat kita terlalu lama di ruangan yang ber- AC bagi kesehatan kita. kita dapat meminimalisirnya  dengan sering melakukan aktivitas di luar ruangan dimana udara lebih segar dan sehat dan banyak minum air putih dan menkonsumsi buah-buahan yang segar. (Siti)