Syamsuar: Kami Sudah Diingatkan Pusat Agar Tak Abai dengan Hal Kecil

Sabtu, 01 Mei 2021 11:16
Syamsuar: Kami Sudah Diingatkan Pusat Agar Tak Abai dengan Hal Kecil
Gubernur Riau Syamsuar. (Diskominfotik)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengaku selalu mendapat peringatan dari pemerintah pusat terkait upaya penanganan penyebaran Covid-19. Penekanan pusat meminta agar daerah tidak abai dengan hal-hal kecil.

Menurutnya, Pemprov Riau menaruh perhatian kepada para pedagang, khususnya di pusat perbelanjaan agar selalu mengenakan masker dan disiplin tehadap protokol kesehatan.

Advertisement

“Setidaknya mereka patuh memakai masker agar tidak terjadi penularan,” kata Syamsuar.

Syamsuar meminta kepada petugas pengawasan di lapangan agar tidak segan-segan memberikan teguran kepada pedagang yang ‘bandel’. Dia tak ingin adanya pembiaran terhadap longgarnya protokol kesehatan,

Baca: BKD Riau: Pengawasan Pegawai Tanggung Jawab Kepala OPD Masing-masing

“Hal seperti ini harus kita atasi bersama, kita beri mereka teguran, karena kalau tidak kita lakukan maka dengan tanpa kita sadari kita telah membiarkan penularan dari mereka para pedagang,” kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan bahwa pihaknya telah diingatkan oleh pemerintah pusat supaya tidak abai dan sepele terhadap hal kecil apalagi yang berkaitan dengan protokol kesehatan karena dengan hal kecil itulah akan menyebabkan penularan sampai kerumah-rumah.

“Apalagi saat ini banyak klaster keluarga, tidak menutup kemungkinan penularannya terjadi di pasar atau tempat keramaian sehingga berkerumun yang menyebabkan protokol kesehatan terabaikan,” ucapnya.

“Tentunya harus ada upaya kita bersama supaya ini tidak meluas, dalam sejarahnya selama Covid-19 Riau ini sampai angka kasus mencapai 400 kasus. Apalagi sekarang sudah sampai 600 kasus,” terangnya.

Diungkapkannya, tahun 2020 lalu Riau belum pernah sampai masuk lima besar kasus Covid-19 secara nasional. Namun sekarang sudah masuk angka tersebut dan mengalahkan daerah lain, padahal jumlah penduduk daerah lebih banyak ketimbang jumlah penduduk Riau saat ini. (bpc2)