Rambut Beruban Sebaiknya Dicabut Atau Dibiarkan?

Minggu, 02 Agustus 2020 07:05
Rambut Beruban Sebaiknya Dicabut Atau Dibiarkan?

BERTUAHPOS.COM – Rambut beruban atau rambut putih merupakan hal alami yang akan terjadi pada hampir semua orang dewasa atau berusia lanjut.

Kemunculan uban biasanya satu persatu, dan itu memicu kegemasan pada Anda antara keinginan mencabut atau membiarkannya saja, bukan? Jika dicabut, kepercayaan yang beredar di masyarakat adalah uban akan bertambah banyak. Namun jika tak dicabut, maka rasa kurang percaya diri akan melanda sebab uban adalah pertanda penuaan sedang terjadi.

Advertisement

Jadi, uban baiknya dicabut atau tidak? Menurut dr. Robert Dorin, DO, ACOFP, seorang ahli bedah restorasi rambut, uban yang dicabuti tak akan membuat ia bertambah banyak. Itu hanya mitos yang beredar di masyarakat.

Namun apabila Anda mencabut dengan paksa sehelai rambut uban, maka kulit di sekitar akar rambut yang tercabut akan rusak. Akibatnya rambut baru yang tumbuh di lokasi akar tersebut menjadi lebih lemah dan mudah tercabut. Atau bahkan tak tumbuh lagi dan memicu rambut jadi botak.

Baca: Bangkitkan Semangat Kerja di Hari Senin

Dilansir oleh laman Good House Keeping, munculnya uban dipicu oleh kurangnya produksi pigmen bernama melanin yang memberi warna hitam pada rambut. Umumnya terjadi pada usia di atas 30 tahun. Namun dapat juga muncul di usia 20-an jika Anda kekurangan vitamin B12, C, E, diet yang salah, stres, atau pun karena pengaruh genetik.

Jadi sebaiknya memang rambut beruban dibiarkan saja dan tak perlu dicabut. Karena dalam agama Islam pun uban disarankan dibiarkan dan dapat menjadi pengingat akan usia yang makin dewasa dan kematian telah mendekat. (bpc3)