Menkes Budi Gunadi Akui Beberapa Provinsi Belum Siap Terima Vaksin 100%

Selasa, 12 Januari 2021 09:40
Menkes Budi Gunadi Akui Beberapa Provinsi Belum Siap Terima Vaksin 100%
Menkes Budi Gunadi Sadikin.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengakui bahwa hingga kini masih ada beberapa provinsi yang belum bisa menerima vaksin 100%. Hal itu lantaran keterbatasan ruang penyimpanan vaksin.

“Berdasarkan informasi yang saya terima masih terdapat ruang penyimpanan vaksinasi yang sudah penuh. Saya minta bapak ibu gubernur untuk dapat mengecek langsung kondisi penyimpanan vaksinnya,” ujarnya.

Advertisement

Dalam pertemuan virtual yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution ini, dia meminta kepada petugas kesehatan untuk menjaga suhu penyimpanan vaksin antara 2-8 derajat celcius. Karena jika suhunya terjadi pergeseran maka vaksin otomatis akan rusak.

“Oleh karena itu tolong juga untuk diperhatikan suhu penyimpanan vaksin pastikan suhunya berada di antara 2 hingga 8 derajat celcius,” pintanya.

Baca: Milenial Harus Tahu, Ini Khasiat Daun Jambu Biji

Berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait penyaluran logistik vaksinasi Covid-19 ini, jika untuk daerah di tingkat provinsi belum siap untuk penyimpanan vaksin makanya untuk ditunda pendistribusiannya.

“Perhatikan lagi logistik rantai dinginnya, setelah itu konfirmasi ke pihak Kemenkes, agar vaksinasi didistribusikan. Kami harapkan proses dapat dilakukan secepatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, poin berikut terkait komunikasi terkait vaksin,  rencananya Presiden RI Jokowi akan disuntik pada tanggal 13 Januari mendatang. Pada tanggal berikutnya 14 atau 15 Januari juga dilaksanakan imunisasi di seluruh provinsi.

“Kami harapkan tolong pelaksanaan imunisasi ini dilakukan di rumah sakit besar yang berada di daerah masing-masing untuk memberikan motivasi terhadap tenaga  kesehatan yang akan menerima vaksin,” harap Menteri Budi. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 25 Januari 2021 16:32

Militer China-India Kembali Bentrok di Perbatasan Himalaya  

#IndiaChina #MiliterBentrok #Himalaya

Senin, 25 Januari 2021 15:23

BSM Diamanahi Pemerintah untuk Terima Wakaf Uang 

#BSM #WakafUang #Islampedia

Senin, 25 Januari 2021 14:33

Riau Dorong Swasta Terlibat Aktif Kucurkan Bantuan Pendidikan 

#Swasta #BantuanPendidikan #edukasi

Senin, 25 Januari 2021 14:07

Hanura Benarkan Pelaku Rasis ke Natalius Pigai adalah Kadernya

#RASIS #RESPECT #SAYNOTORASISM

Senin, 25 Januari 2021 13:30

Wagubri ke PNS Baru: Jangan Sekali-kali Terima ‘Hadiah’

#PNS #SKPNS #PNSRiau