Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

Selasa, 15 September 2020 11:36
Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Menjaga kesehatan mental diperlukan untuk menghindari keluhan fisik yang muncul akibat stres. Karena, ketika seseorang stres, maka sistem imun dalam tubuh akan berkurang. Ini akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Menyadari bahwa kecemasan akibat COVID-19 telah meliputi banyak masyarakat, maka World Health Organization (WHO) pada Maret 2020 merilis panduan bagi masyarakat untuk sama-sama menjaga kesehatan mental.

Advertisement

Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Cobalah berempati

Baca: Rancangan Pilkada 2020: Kampanye Maksimal 20 Orang, Dilarang Konser

Pahamilah bahwa COVID-19 adalah penyakit yang menyerang seluruh lapisan masyarakat. Cobalah berempati pada orang yang terinfeksi COVID-19 dengan memahami bahwa mereka tidak melakukan kesalahan.

Sebaliknya, kita harus bersama-sama mendukung pasien COVID-19 dengan memperlihatkan simpati, empati dan kebaikan.

2. Kurangi stigma negatif terhadap pasien COVID-19

Penting pula untuk tidak menyebut pasien COVID-19 sebagai “kasus COVID-19” atau “keluarga COVID-19”, atau “orang sakit COVID-19”. Melainkan, sebutlah mereka sebagai orang yang mempunyai COVID-19 atau orang yang menjalani perawatan COVID-19.

Kita perlu memisahkan identitas seseorang dengan COVID-19 untuk mengurangi stigma negatif. Ketika para pasien ini sembuh, maka mereka berhak untuk kembali beraktivitas seperti layaknya orang-orang kebanyakan.

3. Batasi diri dari paparan berita dan media sosial

Kita juga perlu membatasi diri dari paparan berita dan media sosial yang dipenuhi oleh informasi seputar COVID-19. Karena membaca atau melihat banyak berita menyedihkan dan menakutkan seputar COVID-19 akan membuat kita semakin putus asa, stress, bahkan depresi.

Kegiatan tersebur merupakan kegiatan positif yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan mental

Pandemi COVID-19 memang menimbulkan kecemasan bagi semua orang. Tetapi, stress yang berlebihan akan menurunkan imun tubuh, yang pada akhirnya mengancam kesehatan fisik.

Karenanya, mari perhatikan kesehatan mental agar kamu tetap tenang dan berpikiran positif. Tetap sehat dan semangat, ya. (mg6)