Kegemukan Adalah Salah Satu Penyebab Asma Pada Anak

Selasa, 13 Agustus 2013 06:24
Kegemukan Adalah Salah Satu Penyebab Asma Pada Anak
BERTUAHPOS – Masih banyak orang tua berpikir bahwa tubuh anak yang gemuk adalah tanda sehat, padahal hal ini tidak tepat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak atau remaja yang bertubuh gemuk atau kelebihan berat badan lebih mungkin mengidap asma. Saat sudah terkena asma, kondisi mereka bisa lebih parah dibandingkan anak dengan berat badan ideal.
Â
Hasil penelitian tersebut ditulis dalam American Journal of Epidemiology, dilansir dari Newsmaxhealth.com. Para peneliti menemukan bahwa anak atau remaja yang memiliki kelebihan berat badan dan memiliki asma akan lebih baik melakukan terapi pengobatan sekaligus mengupayakan usaha untuk menurunkan berat badan.
Â
“Jika orang tua menyadari bahwa anak mereka yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki masalah asma, satu hal yang harus diperhatikan, tidak saja asmanya, tetapi juga bagaimana menangani masalah berat badannya,” ujar Mary Helen Black, kepala penelitian dari Kaiser Permanente Southern California.
Â
Anak-anak dan remaja dengan kondisi kelebihan berat badan dan obesitas ditemukan memiliki kondisi asma yang lebih berat dibandingkan rekan seusia mereka dengan berat badan ideal. Intinya, kondisi berat badan berlebih akan memperburuk kondisi asma. Menurut para ilmuwan, hal ini bisa disebabkan karena anak bertubuh gemuk memiliki kapasitas yang lebih terbatas saat bernapas.
Â
Jika anak Anda mengidap asma sekaligus memiliki berat badan berlebih, konsultasikan pada dokter apakah menurunkan berat badan bisa meringankan gejala asmanya. Jika bisa, maka lakukan penurunan berat badan dalam pengawasan dokter, karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dan tidak bisa melakukan diet atau olahraga sembarangan.
Â
(vemale.com)