Katakan 6 hal ini saat menghadapi wawancara kerja!

Rabu, 29 Januari 2014 14:44

BERTUAHPOS.COM – Saat sedang menghadapi wawancara kerja, tentu banyak hal yang berkecamuk di kepala Anda. Dari mulai rasa grogi, hingga memikirkan jawaban-jawaban apa saja yang terdengar cerdas nanti di depan para petinggi perusahaan. Untuk mempersiapkan mental Anda, simak 6 hal yang perlu Anda katakan saat wawancara kerja berikut ini, yang dilansir dari All Women Stalk.

1. “Saya sudah melakukan riset kecil-kecilan tentang perusahaan Anda.”
Banyak pelamar yang terlalu fokus mempersiapkan kualitas diri mereka sendiri, dan melupakan pentingnya riset tentang perusahaan tempat mereka melamar. Padahal, dengan membicarakan sedikit fakta atau informasi mengenai perusahaan saat menjalani wawancara kerja akan membuat Anda mendapatkan simpati dari para interviewer.

2. “Saya adalah individu yang bisa dimotivasi.”
Dengan mengatakan ini saat wawancara, Anda telah menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi. Perusahaan akan mengetahui bahwa Anda adalah orang yang mau bekerja sesuai target dan bahkan melebihi target yang diharuskan, jika hal tersebut memang diperlukan. Tunjukkan bukti-bukti pengalaman kerja terdahulu untuk memperkuat pernyataan Anda ini.

3. “Saya bisa bekerja sama dalam kelompok.”
Perusahaan selalu menginginkan calon karyawan yang bisa bekerja sama dengan baik dalam kelompok, karena banyak target perusahaan yang hanya bisa dicapai secara kelompok. Para interviewer memang bisa saja menyimpulkan kualitas ini dari surat lamaran kerja dan riwayat hidup yang Anda kirimkan, namun mendengarnya langsung dari Anda akan dapat menambah nilai plus untuk Anda.

Baca: Hingga Siang Ini, Kota Pekanbaru Diguyur Hujan Lebat

4. “Saya adalah orang yang selalu berpikir positif.”
Saat melakukan wawancara dengan para pelamar, interviewer selalu ingin mendapatkan informasi apakah Anda orang yang cakap dalam mengatasi berbagai konflik dan permasalahan yang mungkin terjadi di dunia kerja. Oleh karena itu, dengan menyampaikan kualitas diri yang satu ini, Anda akan membuat interviewer merasa bahwa Anda adalah orang yang bisa membawa pengaruh positif juga ke lingkungan serta rekan kerja nantinya.

5. “Saya fleksibel untuk urusan waktu.”
Memberi tahu calon atasan Anda bahwa Anda bisa bersikap fleksibel dalam urusan waktu, akan membuat Anda mendapatkan nilai lebih. Dengan begini, perusahaan jadi tahu bahwa Anda orang yang mau bekerja keras, karena bersedia mengambil waktu lebih untuk bekerja demi kelancaran proyek atau tercapainya target perusahaan. Bagaimanapun, perusahaan zaman sekarang juga masih mencari karyawan yang loyal.

6. “Saya adalah orang yang suka belajar hal baru.”
Jangan mengira bahwa Anda adalah orang yang sudah paling ahli dalam bidang pekerjaan yang Anda geluti nantinya jika diterima. Berikan kesan kepada para interviewer bahwa Anda adalah seseorang dengan pikiran yang terbuka dan lapang dada, dengan keinginan untuk terus belajar yang tinggi

Semoga informasi di atas dapat sedikit mengurangi rasa grogi Anda menjelang wawancara kerja.
(mzh/Merdeka.com)
Â