Kamu Selalu Merasa Dibenci Orang? Coba Terapkan Cara Ini

Minggu, 20 September 2020 05:15
Kamu Selalu Merasa Dibenci Orang? Coba Terapkan Cara Ini

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Menjadi pribadi yang disukai oleh banyak orang tentu saja tidak mudah. Watak dan kepribadian seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah lingkungan.

Kalau berbicara soal kepribadian, tentu tidak sebatas pada bagaimana kita bersikap kepada orang lain, tapi juga harus memikirkan apakah orang lain suka dengan kepribadian kita.

Advertisement

Masalah inilah yang acap kali menjadi sumber konflik internal karena naluriyah manusia menanggapi atau merespon setiap sikap orang lain kepada kita. Apalagi jika respon itu negatif. Lantas bisakah itu diperbaiki? Bisa.

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu coba agar orang lain menyukai kepribadian kita:

Jadilah orang yang mudah tersenyum. Jika kita bertemu dengan orang asing yang belum kita kenal. Maka tunjukkanlah senyuman anda dihadapan mereka.  Tanpa anda berbicara, cukup berikan senyuman saja orang akan menganggap bahwa anda senang dengan mereka. Itu merupakan suatu bentuk tanda bahwa kita memiliki sifat yang terbuka dan menerima orang lain secara pribadi.

Baca: Ubah Kebiasaan Negatif Jadi Positif

Buatlah orang lain merasa dirinya penting. Misalkan kita janjian nongkrong bareng temen dan anda telat datang ke tempat tongkrongan tersebut, maka ucapkanlah kata minta maaf kepada rekan Anda.  Tunjukkan kepada orang lain bahwa anda menghargainya.

Jadilah Pendengar yang baik. Ketika ada orang lain berbicara, dengarkan cerita mereka dan tunjukkan ekspresi yang bagus. Jangan hanya anda saja yang mau didengar, berilah kesempatan untuk orang lain. Mereka juga butuh didengar. Karena rasa nyaman timbul dari saling mendengarkan dan menghargai.

Hindari mengkritik dan mencela orang lain. Tidak salah jika kita mengkritik orang lain. Namun, anda harus paham bagaimana mengkritik dengan baik dan benar. Walaupun mereka salah. Karena tipe masing-masing orang itu berbeda. Ada yang senang jika dikritik dan ada pula yang tidak merasa senang apabila dikritik.

Berikan pujian kepada orang lain. Namun, perlu diingat kita juga harus pandai untuk memberikan pujian terhadap orang lain. Jangan sampai salah kaprah dalam memberikan pujian. Berilah pujian kepada orang sesuai dengan perbuatan positif mereka jangan malah memuji orang yang melakukan perbuatan negatif.

(mg1)