Jangan Pernah Ucapkan Kalimat Ini Jika Mau Diterima Kerja

Sabtu, 08 Maret 2014 07:26
Jangan Pernah Ucapkan Kalimat Ini Jika Mau Diterima Kerja

BERTUAHPOS.COM, NEW YORK –  Ucapan seseorang saat sedang melamar kerja seringkali menjadi salah satu faktor penentu dirinya akan diterima bekerja atau tidak. Hati-hati, terdapat satu kalimat yang seharusnya pantang diucapkan saat sedang melamar pekerjaan.


Seperti dikutip dari Business Insider, pengusaha dan investor sukses asal Inggris, James Caan menyarankan para pelamar kerja untuk tidak pernah mengatakan `saya tidak tahu` saat sedang bergelut mencari kerja atau bahkan tengah diwawancara atasan sebuah perusahaan.
 
Menurutnya, manajemen perusahaan akan merasa Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik. Terlebih dari itu, sebagian wakil perusahaan akan langsung merasa Anda tidak pantas mengisi posisi yang tengah dibutuhkan perusahaan.
 
“Para pewawancara kerja mencari para kandidat yang siap menghadapi setiap proses perekrutan. Berbagai tantangan akan diberikan guna menguji kehandalan sang pelamar kerja. Untuk itu, jangan pernah bilang `saya tidak tahu`,” saran dia.
 
Menurut penelitan yang dia lakukan, para pelamar kerja seringkali dihadapkan dengan berbagai pertanyaan sulit. Dibandingkan mengaku tidak tahu, sebaiknya tunjukkan pendapat pribadi Anda dengan karakter pribadi yang menonjol. Dengan begitu, perusahaan dapat menangkap kemampuan Anda mengatasi masalah.
 
“Keluarlah dari zona nyaman Anda. Hubungkan pertanyaan itu dengan berbagai hal yang Anda ketahui dan utarakan informasi baru hasil buah pikir Anda,” tutur Caan.
 
Selain itu, Caan juga menyarankan para pelamar kerja untuk tidak bertanya mengenai gaji dan waktu berlibur di tengah proses perekrutan.(lptn6)
Â