Investasi Emas Batangan Atau Perhiasan, Pilih Mana?

Jumat, 26 Februari 2016 10:09

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU -  Merencanakan masa depan dengan cara investasi memang perlu dilakukan, kebanyakan dari masyarakat indonesia memilih emas sebagai investasi berjangka yang dinilai aman, karena harganya yang tidak pernah turun.

Investasi emas sendiri terbagi menjadi dua pilihan lagi, pertama investasi emas batangan dan kedua investasi emas perhiasan. Lalu yang manakah yang lebih menguntungkan untuk dua investasi tersebut? Kebanyakan dari Ibu ibu rumah tangga memilih emas perhiasan sebagai investasi berjangka.

“Alsannya selain sebagai investasi, emas perhiasan bisa dipakai sebagai penunjang penampilan jika diperlukan, misalnya saat menghadiri pesta,” Sebut Ibu rumah tangga Nora.

Sementara itu, menurut Pedagang emas Usaha Mulya Plaza D’central Pekanbaru, Ismu berpendapat, kedua pilihan antara emas batangan dan perhiasan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Baca: Sebelum ke Suku Pedalaman Kabupaten Siak, Ratusan Dokter Bercamping di Bumper Tengku Buang Asmara

“Masing masing punya plus minusnya, tergantung pribadi yang bersangkutan saja, apakah lebih senang emas perhiasan atau emas batangan,” sebut Ismu.

Keunggulan dari emas batangan, pertama harganya yang jarang sekali susut, karena emas ini tidak dipakai, kedua nominalnya dihitung pergram dengan kisaran harga Rp 550 ribu pergram, tidak seperti emas perhiasan 24 karat yang paling kecil terdiri dari 1 emas (2,5 gram) dengan kisaran harga Rp 1 juta lebih per emas. Ketiga tidak ada biaya tambahan sepreti upah pembuatan perhiasan.
Kekurangannya hanya bisa dijadikan investasi simpanan saja.

Sementara untuk emas perhiasan, Keunggulannya dapat digunakan sebagai perhiasan, selain fungsinya untuk investasi, kedua jika dibeli dengan hitungan satu emas (2,5 gram) harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga emas batangan per gram.
Kekurangan emas perhiasan, pertama dikenakan tambahan biaya untuk jasa pembuatan perhiasan sekitar Rp 20. 000 hingga Rp 50.000, kedua berat emas yang mudah susut karena sering digunakan sebagai perhiasan.

Namun Ismu mengakui kebanyakan dari orang orang yang membeli emas sebagai investasi memilih emas perhiasan jika dibandingkan dengan emas batangan.

“Kembali lagi pada pembelinya, suka memakai perhiasan emas atau tidak, kalau tidak suka, bisa pilih emas batangan, jika suka bisa pilih emas perhiasan,” tambahnya.

Nah, bagi anda yang baru saja ingin memulai investasi emas. Silahkan pilih investasi mana yang kiranya cocok dan nyaman untuk anda. (nova)