Ini Perbedaan Kuku Sehat dan Tidak Sehat

Senin, 14 Maret 2016 17:07

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU -  Bagi para wanita memakai kutek tentu sudah menjadi hal yang wajar untuk dilakukan, tapi taukah anda dibalik keindahannya cat kuku memiliki dampak negatif jika terlalu lama menempel pada kuku. Sebab tidak banyak yang tau dan mengerti kalau sebenarnya kuku juga memiliki pori pori.

Jika biasnya anda mulai memakai kutek hingga kuku memanjang, atau menunggu kutek hingga pecah dan tidak bagus dipandang yang biasnya membutuhkan waktu hingga berbulan bulan. Sebaiknya rubah kebiasaan tersebut.

Menurut Owner salon kuku, KUKUKU Evolin mengatakan, memakai kutek agar terlihat cantik juga ada masanya. Secara ideal memakai kutek sebaiknya di lakukan setiap 2 minggu sekali.

“Sebaiknya memang dilakuakan pembersihan setiap dua minggu sekali, jika kutek dibiarkan lama melekat pada kuku efeknya juga tidak bagus buat kesehatan, secara umum saja bisa dilihat mana orang yang rajin membersihkan kuku mana orang jarang membersihkan kutek jika dilihat dari permukaan kukunya,” kata Evolin.

Baca: International Women’s Day, Ini Kata Owner Kekinian Cafe Pekanbaru

Secara umum antara kuku sehat dan kuku tidak sehat dapat dibedakan dengan kasat mata. Kuku sehat akan berwarna putih pink, tidak tipis, tidak banyak memiliki kulit mati atau kapalan, tidak banyak terdapat kutikula dan jika panjang berwarna putih susu.

Kuku tidak sehat dapat dilihat dari warna kuku yang kusam seperti kuning kecoklatan, tipis, dan banyak terdapat kutikula dan kulit mati. Jika kuku panjang warna kuku menjadi kuning kecoklatan.

Begitu pula halnya jika sesorang terlalu lama menggunakan kutek alias cat kuku, kuku akan cepat tipis, permukaannya menjadi kasar bahkan yang paling parah cat kuku akan menempel pada kuku. Hal tersebut terjadi karena kuku yang pada dasarnya memiliki pori pori mampu menyerap pigmen dari cat kuku.

Idealnya memakai kutek sebaiknya di lakukan pembersihkan setiap dua minggu sekali. Bersihkan menggunakan nail polish remover. Setelah itu biarkan kuku bernafas sekitar satu minggu.

“Kuku juga perlu udara, biarkan kuku bernafas dulu, paling lama kasih jeda selama seminggu, tapi tergantung orangnya juga, kalau saya satu hari sudah pakai kutek lagi,” tutup Evolin.

Sehingga, alangkah lebih baik jika sebelum memakai kutek, lapisi dulu kuku menggunakan kutek transparan, sehingga pigmen tersebut sudah terlapi dan menutup pori pori sebelumnya. Terlebih bagi anda yang kerap menggunakan kutek berwarna tegas seperri hitam, merah dan kuning hal ini sangat dianjurkan agar kuku anda tetap terawat dengan baik.

Penulis: nova