Ini Empat Hal Pentingnya Berinvestasi

Jumat, 15 Agustus 2014 18:06
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setiap orang harus menyadari pentingnya melakukan investasi. Alasannya sederhana, tidak ada orang yang tahu bagaimana kehidupan ini ke depannya. Hal ini dikatakan Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PPIM) Riau, Emon Sulaeman kepada bertuahpos.com, Jum’at (15/08/2014) di kantornya Jl. Jenderal Sudirman No 73.

“Hal pertama yang perlu disadari untuk masa depan adalah dalam pengelolaan uang. Karena intinya  pendapatan yang kita hasilkan harus sesuai dengan konsumsi,tabungan,dan investasi,” paparnya.
 

Ditambahkan Emon, perlu disadari konsumsi sudah pasti habis, sedangkan tabungan berfungsi untuk mempersiapkan kebutuan yang mendadak seperti sakit, dan ketika uang tabungan tidak dipakai maka cenderung akan habis.

Nah, ketiga adalah investasi yang berfungsi menutupi ketika tabungan tidak dapat lagi menutupi kebutuhan kita. “Maka di sinilah pentingnya investasi karena secara nominal dia akan bertambah,” jelasnya.
 

Dapat kita ambil contoh  ketika orang tua yang sudah tidak bekerja lagi tetapi masih bisa menyekolahkan anaknya hingga kuliah. “Kita berfikir uang dari mana, jawabannya ya dari investasi,” tegasnya.

Kedua, berapa besar nilai investasi tidak dilihat dari nominalnya saja, tetapi harus sesuai dengan kemampuan kita. Jadi intinya dalam pengelolaan uang yang harus disadari berapa besar uang yang kita hasikan dari pendapatan kita,walaupun kita berpenghasilan miliyaran tetapi kantong kita bolong artinya tidak ada yang tersimpan percuma.
 

Ketiga, kita harus mengetahui tujuan dari investasi tersebut, dengan menegtahui tujuan maka kita akan bisa memilih media yang tepat untuk berinvestasi.

Baca: Beli atau Sewa Rumah Saja, Ya?

Keempat, harus menentukan berapa lama kita akan berinvestasi, harus mengetahui investasi kita ini dalam jangka panjang atau jangka pendek,karena untuk jangka panjang harus dengan investasi sedangkan untuk jangka pendek cukup ke tabungan saja,” tutupnya.(yogi)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI

Selasa, 26 Mei 2020 14:30

Dishub Riau Sebut Data Pemudik Tahun Ini Tak Bisa Dibandingkan

#PSBB #REGIONAL