Ini Cara Mudah dan Praktis Membuat Infused Water

Selasa, 09 Februari 2016 16:48

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Banyak cara yang dapat digunakan dan kita buat demi menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dengan minum air putih. Namun banyak dari kita yang tidak suka mengosumsi air putih tersebut. Nah bagi anda yang kurang mengonsumsi air putih, tidak ada salahnya dengan mengonsumsi infused water, yang manfaat dan kegunaanya sama dengan air putih.

Sebagai pengganti air putih, infused water merupakan air putih yang dicampur dengan beberapa potongan buah-buahan segar atau herbal yang didiamkan beberapa saat sehingga mengeluarkan sari dari buah tersebut.

Minuman ini sangat cocok dikosumsi oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terutama bagi anak dan remaja yang sangat kurang mengonsumsi air putih.

“Mengkonsumsi infused water sama hal nya dengan mengosumsi air putih, hanya saja infused water ini dengan rasa sari buah yang dicampurkan dengan air putih tersebut,” ungkap Reni selaku ahli gizi di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Riau, kepada kru Bertuahpos.com, Selasa (9/2/2016).

Baca: 5 Perawatan Kecantikan Paling Mahal di Dunia

Pembuatan infused water tidaklah sulit. Hanya perlu memperhatikan bahan-bahan yang steril. Air yang digunakan harus matang dan terbebas dari bakteri. Begitu pula dengan buah dan wadahnya. Buah yang akan digunakan harus dicuci terlebih dahulu untuk membuang sisa pestisida yang masih tertinggal.

“Tidaklah sulit membuat infused water ini, hanya saja, memperhatikan semua bahan, alat yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan steril,” tambahnya.

Buah yang digunakan nantinya juga sebaiknya buah yang mengandung asam dan bukan buah yang manis. Tidak dianjurkan menggunakan buah yang bertekstur lembut, karena akan lebih cepat rusak jika direndam dalam air dalam waktu lama.

Setelah semua siap, buah dipotong dan dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup, tambahkan air kemudian diamkan beberapa jam, lebih kurang 4 sampai 12 jam.

“Tidak dibenarkan mencampurkan yang lain, seperti gula atau sirup. Karena tidak akan memberikan rasa yang aslinya,” tegasnya.

Kemudian, minuman ini dimasukkan dalam lemari es atau kulkas. Infused water dapat bertahan hingga 3 hari dalam kulkas. Tidak lebih dari itu, buah yang digunakan akan busuk.

Gampang sekali bukan, jadi tunggu apalagi. Tidak ada alasan untuk berhenti hidup sehat. Selalu akan ada cara agar terjaganya kesehatan di dalam tubuh. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan. (Dilla)