Hindari Penyakit Ini Saat Musim Hujan

Kamis, 18 Februari 2016 17:00
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Saat musim hujan bermacam penyakit kulit bisa muncul. Biasanya penyakit kulit yang sering muncul pada musim hujan disebabkan oleh jamur adalah kurap. Kurap dapat terjadi pada area badan yang memiliki lipatan seperti ketiak, selangkangan paha.
 
Tidak hanya kurap menurut dr. Julia Melisa, SpKK Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Panu juga bisa terjadi karena lembab. Penyebaran Kutu dan Tungau dapat menyebabkan infeksi parasit 
 
Bagi anda yang biasanya jarang mengganti sprei dan sarung bantal, lakukan hal ini sesering mungkin monimal seminggu sekali  sebab bantal dan sprei saat musim hujan mudah dihinggapi berbagai bakteri, jamur dan binatang halus seperti tungau. Begitu juga pada handuk yang lembab dan tidak dijemur, kemudian dipakai lagi bisa menimbulkan jamur pada kulit.
 
Saat musim hujan, daya tahan tubuh kita lebih rendah, karena itu penyakit seperti batuk, pilek dan timbul pula penyakit pada sistem pernapasan serta pencernaan lebih mudah terjangkit, disarankan sesering mungkin mengkonsumsi vitamin C.
 
Selain itu, penyakit kulit bisa terjadi karena alergi, biasanya disebabkan oleh suhu dingin, seseorang terserang kaligata. Untuk pencegahannya: pertama higienisasi harus diperhatikan, cuci tangan setiap akan dan setelah beraktivitas. ke dua jemur handuk yang sudah dipergunakan, pakaian yang basah segera dicuci dan jangan ditumpuk hal tersebut dilakuakan agar bakteri tidak menyebar.
 
ke tiga setelah beraktivitas, cuci kaki apabila basah, selanjutnya dibersihkan atau dikeringkan. Hal tersebut dilakukan karena apabila lembab, jamur mudah muncul. Kemudian tempat tidur, sprei, sarung bantal dibersihkan dan diganti, dan jemurlah bantal dibawah sinar matahari.
 
Demam Berdarah Dengue atau DBD,  saat musim penghujan kerap menjadi ancaman, penyakit jenis ini adalah penyakit jenis infeksi virus yang disebabkan oleh gigita nyamuk, Aedes Aegypty dan menyerang sistem pembekuan darah. Tanda dari penyakit ini adalah sistem trombosit darah yang menurun.
 
Cara pencegahannya: hidari perkembangan nyamuknya dengan cara sesering mubgkin menguras bak mandi, jangan biarkan ada air yang tergenang, mengubur barang bekas atau menutupnya. Gejala DBD akan muncul antara 3 sampai 14 hari setelah penderita terkena gigitan nyamuk. (nova)