Hati-hati, Virus Flu Mudah Menyebar!

Kamis, 10 April 2014 18:20
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang menyebabkan virus influenza paling mudah menyebar. Menjaga diri merupakan ide yang terbaik karena bila sudah terinfeksi flu maupun batuk, sangat mengganggu produktivitas kerja.
 
Menurut Direktur Utama RSUD Arifin Ahmad, dr Anwar kepada bertuahpos.com yang terpenting masyarakat mesti menjaga pola hidup sehat. “Penyakit itu gampang masuk tubuh bila keadaan tubuh lelah maupun lingkungan tidak sehat,” ujarnya Kamis (10/04/2014).
 
Dokter yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu ini tidak menampik perubahan cuaca panas kemarau lalu hujan menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit seperti flu, yang disertai batuk disebabkan sistem imun yang melemah.

Karenanya ia menganjurkan untuk beristirahat yang cukup untuk menghalau virus maupun bakteri yang menjadi sumber penyakit. “Karena bila tubuh lelah, akan mudah dimasuki kuman penyakit. Ditambah lagi bila sudah terinfeksi radang pernafasan saat kabut asap lalu, maka akan mudah terjangkit penyakit,” jelasnya. 

Cuaca yang kurang bersahabat ini terutama akan dirasakan oleh mereka yang banyak berada di luar ruangan. dr Anwar menyarankan bagi mereka yang beraktivitas diluar ruangan untuk tidak terkena air hujan secara langsung. “Bila perlu tetap kenakan masker maupun mantel, supaya tidak terkena virus flu yang terbawa bersama udara dan air hujan secara langsung,” tambahnya.
 

Masyarakat perlu selalu menjaga stamina, agar imun tubuh tetap terjaga dan daya tahan tidak menurun. “Bisa dengan memperbanyak minum air putih, maupun makan buah-buahan dan sayuran segar,” ungkapnya. (riki)

Baca: Hanya Rp 130 Ribu, Bisa Ikut Ekowisata Barsama LPE