Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit

Minggu, 20 April 2014 11:46

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Penyakit memang dapat datang kapan saja, tidak mengenal siapa anda dan dimana pun anda berada. Oleh karena itu, langkah pencegahan adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh anda karena kesehatan mahal harganya. Apabila anda melihat berbagai penyakit yang kini sering menyerang manusia adalah penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, diantaranya karena kurangnya olahraga karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau karena hoby dengan makanan yang serba instan. Oleh karena itu, untuk langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah perbaiki gaya hidup anda dan kembali ke gaya hidup sehat dan alami.

Gaya hidup sehat mungkin dapat mengurangi resiko terserang berbagai penyakit tetapi tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu anda dapat terserang penyakit. Penyakit muncul tidak sepenuhnya karena gaya hidup, tetapi dapat disebabkan karena faktor genetik dan pencemaran lingkungan.

Agar tetap sehat, ada beberapa gaya hidup sehat yang dapat anda lakukan berikut ini.

1. Banyak minum air putih
Gaya hidup sehat ini memang agak sulit untuk diterapkan karena tidak sedikit orang yang enggan minum air putih karena tidak memiliki rasa. Namun, perlu anda ketahui bahwa air putih adalah minuman terbaik dari segala minuman yang ada. Biasakan minum air putih sekitar 6-8 gelas perhari untuk menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih. Anda dapat juga menambahkan perasan air jeruk untuk membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh.

Baca: Bayam Merah Memiliki Kandungan Vitamin C Dan Zat Besi Lebih Tinggi Dari Pada Bayam Hijau

2. Hirup udara segar
Dengan anda menghirup udara segar berarti anda menjaga kesehatan paru-paru. Anda tidak perlu pergi ke pegunungan atau daerah pedesaan untuk mendapatkan udara segar. Gaya hidup sehat ini dapat anda lakukan dengan menghirup udara pagi dan usahakan anda terhindar dari udara yang tercemar seperti asap rokok. Selain itu, anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan perabot rumah tangga, seperti kipas angin dan AC.

3. Olahraga
Jangan terlalu fokus dengan pekerjaan anda. Luangkan waktu sejenak untuk anda refresing dan olahraga. Karena selain melatih otot dalam tubuh anda, dengan olahraga uga mampu mengurangi kepenatan sehingga anda terhindar dari stress. Gaya hidup sehat dengan olahraga dirasa paling efektif untuk semua kalangan. (didam)