Diet Aman dan Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini ya

Kamis, 11 September 2014 06:49
Diet Aman dan Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini ya
BERTUAHPOS.COM – Setidaknya ada lima hal yang sebaiknya Anda lakukan sehubungan dengan program penurunan berat badan yang aman dan bertanggung jawab:
Â
1. Diet yang dilakukan harus aman. Ini termasuk semua kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin, mineral, dan protein. Diet penurunan berat badan sebaiknya rendah kalori, tapi bukan terhadap makanan yang esensial bagi tubuh.
Â
2. Program penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan, kecuali dokter menilai akan bermanfaat bagi kesehatan bila dilakukan cepat. Dengan pembatasan kalori, akan terjadi penurunan berat badan secara cepat pada minggu pertama sampai kedua, tapi kebanyakan adalah akibat berkurangnya cairan. Berat ini akan kembali seperti semula bila Anda kembali ke diet kalori normal.
Â
3. Jika Anda berencana menurunkan berat badan lebih dari 15-20 pon (30-40 kg), mempunyai masalah kesehatan, atau sedang menggunakan pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan program tersebut. Dokter dapat menilai kesehatan Anda secara menyeluruh. Ia juga dapat memperkirakan efek yang mungkin timbul dari diet dan penurunan berat badan.
Â
4. Program sebaiknya termasuk perencanaan untuk menjaga setelah fase penurunan berat badan selesai. Menjaga berat badan merupakan hal yang sulit. Itu sebabnya, program yang dipilih sebaiknya mencakup perubahan kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Salah satu faktor terpenting dalam menjaga berat badan adalah menambah aktivitas fisik harian.
Â
5. Sebelum memilih program penurunan berat badan komersial sebaiknya memperhatikan pula biaya serta kemungkinan ongkos tambahan untuk barang tertentu, seperti suplemen diet.