Coklat Dapat Hilangin Galau, Benarkah?

Jumat, 12 Februari 2016 14:48

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Siapa yang tidak kenal dengan coklat. Makanan manis yang begitu disukai oleh semua orang, khusus anak-anak atau remaja. Tidak ada alasan untuk menolak cemilan manis ini. Ternyata selain rasanya yang manis dan enak, coklat juga mampu mengembalikan perasaan yang sedang gundah atau sedih menjadi lebih baik lagi.

Hal itu dibenarkan oleh Reni selaku Ahli Gizi di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Riau. “Iya, dengan mengonsumsi coklat, dapat membuat perasaan kita menjadi lebih baik,” ungkapnya kepada kru Bertuahpos.com, Jumat (12/2/2016).

Biasanya, selain dijadikan sebagai cemilan santai, coklat kerap dikonsumsi oleh sebagian orang saat suasana hati sedang sedih, gelisah serta galau.

Penjelasan Reni, coklat dengan rasa yang manis dan membuat orang ketagihan dengan kenikmatanya karena didalamnya terkandung bahan phenethylamine yang mampu menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi untuk membangkitkan sensasi yang nikmat dan membuat hati menjadi tenang.

Baca: Kriteria Calon Isteri (2) : Salihah

“Selain itu, hormon endrofin yang terkandung yaitu hormon yang biasanya membuat sesorang yang sedang jatuh cinta merasa bahagia,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, kandungan zat anandaimide pada coklat tersebut dipercaya mampu membuat kerja otak lebih baik dan tenang, sehingga seseorang yang lagi stres, akan menjadi lebih rilex, mengurangi rasa cemas dan tekanan yang sedang dihadapi dengan mengonsumsi coklat tersebut.

“Banyak sekali sebenarnya manfaat dari makan coklat ini, tidak hanya membuat rasa senang, menghilangkan stres, juga terdapat kandungan zat theobromin yaitu merupakan senyawa alkolid yang dapat menstimulasi sel saraf, dan dapat memberikan efek menyegarkan pikiran dan lebih bersemangat,” ujarnya.

Nah, begitulah beberapa kandungan yang terdapat pada coklat yang menyebabkan mood atau perasaan yang tidak enak menjadi lebih baik. Silahkan anda mencobanya. (Dilla)