Cegah Penyakit yang Ditimbulkan pada Hewan Saat Musim Hujan

Kamis, 11 Februari 2016 18:37

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Tidak hanya bencana alam seperti banjir atau longsor yang ditimbulkan dari musim penghujan, namun juga beberapa penyakit pun ikut timbul, pada manusia, tumbuhan juga hewan-hewan peliharaan.

Nah, bagi anda yang mempunyai hewan-hewan peliharaan kesayangan, seperti kucing, anjing dan lainnya, diharapkan untuk melakukan pencegahan ketika musim pengujan tersebut datang, untuk mencegah timbulnya dampak-dampak buruk seperti penyakit pada hewan kesanyangan anda.

“Saat mengetahui akan datangnya musim hujan, bagi yang memiliki hewan peliharaan, sebaiknya cepat akan melakukan pencegahan terhadap hewannya agar terhindar dari penyakit yang timbul akibat musim hujan tersebut,” ungkap Drh Tito Reza MSi MH kepada kru Bertuahpos.com, Kamis (11/2/2016).

Tito akan menjelaskan beberapa langkah pencegahan untuk hewan-hewan peliharaan kesayangan, agar terhindar dari penyakit karena musim penghujan.

Baca: Percaya Tak Percaya, Tinggal di Lingkungan Hijau Pengaruhi Otak Anak

Langkah pertama, yaitu hewan harus mendapat vaksinasi untuk penyakit ini dan diulang setiap
tahun. “Untuk menjaga daya tahan tubuh, hewan harus diberi nutrisi yang lengkap dan seimbang,” tambahnya.

Kedua, penambahan multivitamin pada musim hujan sangat dianjurkan terutama disaat hujan ├é┬ádatang tiap hari. “Bisa juga dengan menambahkan vitamin-vitamin pada hewan pada musim hujan. Sebaiknya pada saat musim hujan itu dikasih setiap hari,” tegasnya.

Ketiga, madu. Madu yang bermanfaat untuk kesehatan terutama menjaga ketahanan tubuhn cuha memberikan efek yang baik dan pencegahan pada hewan peliharaan pada musim hujan. Dapat diberikan madu tersebut 1 setiap harinya.

Keempat, memberikan ekstak kulit manggis. Ternyata ekstrak kulit manggis juga sangat baik untuk kesahatan hewan peliharaan, karena mengandung antioksidan serta meningkatkan sistem imun pada hewan. Cukup berikan 1ml esktrak manggis tersebut pada kucing atau anjing anda.

Kelima, konsultasikan hewan peliharaan kesayangan anda secara rutin ke dokter hewan. Nah itulah beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan pada hewan kesayangan. Semoga bermanfaat. (Dilla)