Cegah DBD, Dinkes Himbau Masyarakat Jaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Senin, 04 November 2019 20:09

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Memasuki peralihan dari kemarau ke musim hujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat agar menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Himbauan tersebut untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maisel Fidayesi mengatakan untuk pencegahan DBD tidak hanya pemerintah saja yang bertindak, tetapi masyarakat juga harus peduli dengan kondisi lingkungan.

“Memerlukan peran bersama-sama. Masyarakat juga harus perduli terhadap lingkungannya, dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya. 

Dia mengatakan, terutama harus membersihkan air yang tergenang. Jangan sampai ada air tergenang dimana pun. 

Baca: Catatan Sejarah 22 Desember: Kongres Perempuan I dan Hari Ibu

“Kami juga mengajak masyarakat untuk membersihkan bekas- bekas air kemasan, ember-ember, dan pot bunga agar tidak ada air yang menggenang didalamnya, karena jentik-jentik suka berkembang di dalam air yang menggenang,” lanjutnya. 

“Mari sama-sama warga Kota Pekanbaru, agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah dengan 3M (menutup, menguras dan mengubur),” tutup Maisel. (mg1)