Cara Mudah dan Alami Atasi Pilek Tanpa Obat

Senin, 29 Februari 2016 17:38
Cara Mudah dan Alami Atasi Pilek Tanpa Obat

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Salah satu penyebab terjadinya flu pada tubuh seseorang, yakni bisa karena kondisi cuaca yang tidak stabil, atau melakukan aktifitas secara berlebihan. Sehingga menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

“Sekarang lagi musimnya sakit, seperti flu. Karena tiba-tiba hujan, terus panas lagi. Itu yang buat daya tahan tubuh kita menjadi tidak stabil, dan menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya flu,” ungkap Meli selaku tenaga medis di klinik Daffa Pratama kepada kru Bertuahpos.com, Senin (29/2/2016).

Sebisa mungkin dihidari untuk mengkonsumsi obat biasa terjual dipasaran, sebab apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan efek ketergantungan.

Hal itu sarankan oleh Meli, “kalau dapat dihindari untuk minum obat saat flu, karena memang tidak baik untuk kesehatan juga dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Baca: Tips Mencuci Fixie Yang Benar

Karena itu, Meli akan memberikan beberapa cara untuk mengasi flu dengan cara yang alamitanpa harus menyentuh obat yang mengandung bahan kimia. Yaitu sebagai berikut,

Pertama, dengan jeruk nipis atau madu. Vitamin C yang terkandung di jeruk nipis dapat mengatasi flu, karena vitamin c dikenal sebagai vitamin untuk menjaga kekebalan daya tubuh.

Kedua, perbanyak minum air putih. Air putih dikenal sebagai obat yang ampuh dari segala jenis penyakit yang diserang oleh tubuh. Air putih juga berfungsi membunuh kuman yang ada ditenggorokan dan menjaga tenggorokan agar tetap bersih.

Ketiga, air hangat. Air hangat dipercaya untuk melegakan tenggorokan saat terserang flu. Mengonsumsi air hangat bisa mengganti cairan dari tubuh, terutama untuk flu yang membuang cairan dari tubuh.

Keempat, istirahat yang cukup. Badan yang difungsikan untuk aktifitas sehari-hari butuh untuk diistirahatkan. Karena jika kurang istirahat, akan rentan terhadap timbulnya penyakit. Dan disarankan untuk mengurangi atau menghentikan sejenak, jika penyakit sudah hilang.

Kelima, mengonsumi buah dan sayuran. Usahakan untuk tetap mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang melemah saat terserang flu. Salah satunya yaitu dengan konsusmi vitamin, lebih bagus yang terkandung pada buah dan sayuran. Dua jenis tersebut dipercaya sebagai sumber makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang tinggi.

Itulah beberapa cara atau bahan yang mudah di dapat dan dilakukan untuk mengatasi flu yang sedang menyerang, tanpa mengonsumsi obat. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan.

Penulis: Dilla