Beli atau Sewa Rumah Saja, Ya?

Jumat, 28 Februari 2014 07:15
Beli atau Sewa Rumah Saja, Ya?

BERTUAHPOS.COM, Bagaimana Anda tahu kapan Anda siap untuk memiliki rumah?Â

Kepemilikan rumah berarti Anda tidak lagi membayar sewa bulanan atas atap di atas kepala Anda. Anda pun dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengan rumah Anda.  Dan ketika Anda “bosan”, Anda dapat menjualnya dengan sedikit keberuntungan dengan mendapatkan keuntungan.

Advertisement

Namun, dengan adanya rumah juga, berarti Anda memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan merawatnya.

Jadi sebelum melangkah lebih jauh, pertimbangkan apakah gaya hidup dan keuangan Anda dalam membeli rumah merupakan langkah cerdas.

Baca: 3 Cara Atasi Masalah Jerawat dengan Kulit Jeruk, Nomor 2 Sangat Mudah

1. Rumah Mahal = Pengeluaran Besar.

Apalagi ketika pasar real estate sedang tinggi, tidak masuk akal rasanya jika Anda membeli rumah dan hanya ditempati kurang dari tiga atau empat tahun. Belum lagi, pajak untuk rumah mewah tentunya lebih tinggi.

Perhatikan juga, apakah dalam beberapa tahun ke depan nilai investasi untuk rumah akan turun, karena hal ini juga bisa memengaruhi harga pasaran rumah jika Anda ingin menjualnya.

2. Jika Saya Menyewa saja.

Dari sisi keuangan, berapa uang yang bisa Anda investasikan untuk menyewa rumah tiap tahun? Berapa rata-rata biaya sewa rumah yang ditawarkan di lokasi yang Anda inginkan?

Aturan praktisnya, jika Anda membayar 35 persen lebih sedikit untuk menyewa dibandingkan dengan membeli sebuah rumah (termasuk hipotek bulanan, pajak properti, dan biaya perawatan),sepertinya lebih cerdas jika Anda menyewa rumah saja.(ester sondang/ tabloidnova.com)

Â

Â