Begini Tips Memilih Buah yang Berkualitas

Selasa, 08 Maret 2016 08:13

BERTUAHPOS.COM, (BPC), PEKANBARU – Sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu mengonsumsi buah dalam satu hari, karena serat dan vitamin dari buah yang kita konsumsi tersebut, begitu penting bagi kesehatan tubuh kita.

Karena itu, bagi anda yang tidak terlalu paham bagaimana cara membedakan buah yang masih segar dan tidak, tenang. Nancy selaku owner Nancy’s Fruit Salad akan memberi beberapa tips dan cara bagaimana memilih dan melihat buah yang segar dan masih fresh.

“Ada beberapa cara untuk mengetahui dan melihat apakah buah tersebut masih fresh dan bagus, karena jika sudah tidak bagus dan fresh lagi akan mengurangi kandungan yang terdapat dari buah-buahan tersebut,” ungkap Nancy kepada kru Bertuahpos.com, Senin (6/7/2016).

Secara umum, untuk buah semangka atau melon dilihat dari tampuknya. Jika tampuknya masih hijau, dapat dikatakan masih fresh dan diibaratkan baru panen. Namun, jika tampuknya sudah menguning, artinya sudah masak.

Baca: Ujian Nasional di Shift 3, Siswa di Pekanbaru Banyak Mengeluh

Buah apel. Pilih apel yang masih mempunyai aroma harum dan segar. Kulitnya masih mulus berwarna cerah dan tidak memiliki bercak. Untuk melihat kualitas buahnya, bisa dengan cara mengetuk buah dengan jari, jika nyaring tandanya buah apel tersebut renyah dan masih banyak mengandung air.

Pisang, warna pisang yang kuning menandakan bahwa pisang tersebut sudah matang dan bisa langsung dikonsumsi. Jika masih hijau, masih membutuhkan waktu untuk matang.

Anggur, memilih anggur yang baik yaitu seperti butirannya masih padat, tidak berkerut, tidk berlubang dan melekat pada tangkainya. Ketebalan dari kulit anggur bisa juga menandakan kandungan airnya. Kulit yang semakin tipis artinya semakin mempunyai banyak kandungan air.

Strawberi. Tentu paling utama dilihat dari semua buah dari warnanya, begit pula dengan stroberi. Stroberi yang masig segar umumnya berwarna merah tua. Dan untuk memilih buah stroberi disarankan untuk tidak memilih dengan ukuran yang besar, karena semakin besar ukurannya, kandungan air juga semakin banyak, artinya rasanya pun menjadi lebih tawar.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk memilih dan melihat kualitas, bagus dan masih freshnya dari beberapa macam contoh buah-buahan diatas. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu bagi anda untuk tidak sembarang membeli buah-buahan yang dijual di pasaran.

Penulis: Dilla