Bahaya Tekanan Darah Tinggi, Hingga Hilang Ingatan

Rabu, 29 Desember 2021 19:09
Bahaya Tekanan Darah Tinggi, Hingga Hilang Ingatan

BERTUAHPOS.COM – Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak hanya memicu penyakit kardiovaskular, juga menyebabkan gangguan berpikir dan belajar. Bahkan, bisa menderita hilang ingatan.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal Archieves of Neurology mengungkapkan, tekanan darah tinggi berkaitan dengan salah satu dari dua jenis kerusakan daya ingat ringan. kondisi ini dapat memberi tanda mengenai perkembangan hilang ingatan, tapi bukan jenis yang berhubungan sangat erat dengan penyakit alzheimer.

Dalam studi itu disebutkan, orang yang mengalami kerusakan ringan daya ingat dapat mengalami kesulitan bahasa, ingatan, masa perhatian atau fungsi mental lain yang cukup penting untuk menarik perhatian orang lain. Kondisi itu telah terdeteksi dalam pemeriksaan. Satu jenis sangat memengaruhi ingatan, dan jenis lain tidak.

Namun, penurunan daya ingatan ini tidak cukup memengaruhi kehidupan seharihari. Orang bersangkutan tidak memperlihatkan gejala lain hilang ingatan. Orangtua yang terserang darah tinggi dalam studi itu sering kali memiliki suatu bentuk penurunan ringan daya ingatan yang dapat menjadi awal dari gangguan pembuluh darah.

Baca: Manfaat Bulu Kemaluan Bagi Wanita Saat Berhubungan Badan

Bentuk kedua yang paling umum adalah kehilangan daya ingatan setelah serangan alzheimer. Gangguan tersebut sering kali berhubungan dengan stroke. Nah, tekanan darah tinggi menyebabkan peningkatan risiko stroke.

“Kelihatannya tekanan darah tinggi mengarah kepada penurunan daya ingatan yang sebenarnya bukan penurunan ingatan sesungguhnya.Namun, penurunan fungsi lain daya ingatan, terutama kemampuan berbahasa dan kemampuan melaksanakan tugas serupa,” ungkap seorang peneliti dari Columbia University Medical Center di New York, Dr Christiane Reitz,kepada Reuters.

Studi tersebut melibatkan 918 orang di New York berusia rata-rata 76 tahun dan mengalami penurunan ringan kognitif ketika mereka memasuki studi pada 1992 hingga 1994. Mereka diberi ujian fisik dan kognitif ketika mereka memulai studi tersebut, kemudian diperiksa ulang sekitar setiap 18 bulan.Perkembangan mereka dipantau selama ratarata 4,5 tahun.

Selama masa itu, 334 di antara mereka mengalami penurunan daya ingatan. Mereka yang menderita tekanan darah tinggi memiliki risiko 40% lebih tinggi mengalami penurunan kognitif ringan. Selain itu 70% lebih mungkin untuk mengalami bentuk “nonamnestik”–yang tidak melibatkan gangguan ingatan lebih besar.

“Semua temuan ini menunjukkan bahwa pencegahan dan perawatan tekanan darah tinggi mungkin memiliki dampak penting dalam mengurangi risiko penurunan daya ingatan,” kata para peneliti itu.

Studi lain yang menelusuri sampel perwakilan nasional dari 4.646 orang dewasa, menunjukkan bahwa sebanyak tiga perempat orang yang diteliti dan memiliki kondisi seperti sakit jantung koroner, stroke, diabetes atau penyakit lain yang meningkatkan risiko komplikasi sakit jantung, ternyata juga memiliki masalah tekanan darah tinggi. Bahkan, ada sejumlah bukti lain yang menunjukkan ada hubungan yang erat antara kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah dengan kesehatan otak.

“Studi yang kami lakukan menunjukkan bahwa sistem pembuluh darah yang baik akan juga memiliki otak yang baik,” kata profesor neurologi dan psikiatri dari Universitas Pittsburg, Oscar Lopez MD, seperti dikutip www.sciencedaily.com. Itulah mengapa pada orang dengan penyakit alzheimer sangat penting untuk melakukan deteksi dan perawatan agresif hipertensi dan juga fokus pencegahan penyakit.

Hal ini disebabkan hipertensi menyebabkan menyebabkan aliran darah ke otak pada orang dewasa dengan penyakit alzheimer berkurang. “Walaupun hipertensi bukan penyebab dari penyakit alzheimer, studi kami menunjukkan bahwa hal itu membuat bagian otak rentan terhadap dampak dari gangguan tersebut,”tandas peneliti dari University of Pittsburgh,Cyrus Raji MD. (bpc3)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 08:36

Viral Video Anak-anak Bahagia Main Lempar Bola Salju di Kompleks Mesjid Al Aqsa Kota Gaza

Beberapa waktu lalu viral video anak-anak bermain di Kompleks Mesjid Al Agsa di Gaza

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri