Bahaya Radiasi Handphone dan Komputer Sekaligus Cara Mengatasinya

Sabtu, 01 Agustus 2020 09:29
Bahaya Radiasi Handphone dan Komputer Sekaligus Cara Mengatasinya

BERTUAHPOS.COM – Handphone, smartphone, komputer, laptop, microwave, dan peralatan elektronik lain selalu memancarkan gelombang elektromagnetik.

Pancaran gelombang elektromagnetik yang berasal dari alam sebenarnya tidak berbahaya, namun gelombang elektromagnetik yang sangat kuat dari berbagai peralatan listrik dikabarkan berbahaya untuk kesehatan.

Advertisement

Apakah Gelombang Elektromagnetik Peralatan Listrik Berbahaya?

Dilansir oleh Genius Beauty, Kamis gelombang elektromagnetik yang berbahaya adalah paparan gelombang yang dekat dengan Anda dalam waktu yang lama. Sumber gelombang elektromagnetik ini antara lain peralatan audio-video, handphone, televisi dan komputer.

Baca: Batu Kecubung Itu Penangkal Racun

Komputer dan Handphone Paling Berbahaya?

Ilmuwan menemukan bahwa komputer memiliki dua sumber radiasi, yaitu layar dan CPU, sehingga radiasi lebih besar dibandingkan peralatan elektronik yang lain. Hal ini diperparah dengan keharusan seseorang untuk bekerja sedekat mungkin dengan komputer. Sedangkan radiasi handphone juga memberi pengaruh buruk pada kesehatan.

Cara Mengatasi Pengaruh Radiasi Elektromagnetik.

Jumlah gelombang elektromagnetik yang besar dalam waktu yang lama akan berpengaruh pada kesehatan. Misalnya saja bekerja sangat lama di depan komputer dapat menyebabkan rasa lelah, iritasi, rasa enggan menjawab pertanyaan dan keinginan untuk berbaring.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami masalah kesehatan karena radiasi elektromagnetik. Apalagi anak-anak di masa kini lebih akrab dengan berbagai peralatan elektronik.

Inilah cara mengatasinya:
Menikmati waktu santai di luar ruangan atau alam terbuka
Olahraga teratur
Bekerja di ruangan dengan ventilasi
Mengikuti aturan keselamatan yang tercatat dalam berbagai peralatan elektronik.
Batasi penggunaan barang elektronik pada anak.
Hindari peralatan elektronik di dalam kamar.