Bahaya Menggunakan Skin Care dan Kosmetik di Usia Dini

Minggu, 04 Agustus 2013 10:14
BERTUAHPOS.COM ( BPC)- Wanita memang sudah biasa dalam menggunakan makeup dan skin care. Namun membanjirnya produk kecantikan dengan bentuk yang cute dan review yang menggiurkan membuat perempuan di segala jenjang usia tertarik menggunakannya.
 
Ironisnya, mereka yang masih berusia belasan saat ini sudah mulai mencoba kosmetika wanita yang kadang tak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, banyak sekali fenomena gadis muda yang nampak beberapa tahun lebih tua dari usianya.
 
Ada beberapa bahaya yang mengincar kulit yang terlalu dini menggunakan makeup dan skin care. beberapa di antaranya yang dikutip dari vemale, adalah yang berikut ini.
  • Kulit Menjadi Kebal
Kulit yang terlalu dini mendapatkan perawatan akan rawan menjadi kebal di masa mendatang. Mungkin Anda tak merasakan efek apapun, namun di masa mendatang bisa jadi kulit Anda akan kebal dengan skin care sehingga Anda tak mendapatkan khasiatnya.
  • Penuaan Dini
Kulit yang masih muda memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih sangat baik. Menggempurnya dengan berbagai macam kosmetik dan skin care hanya akan membuat elastisitas kulit menyusut dan muncullah tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.
  • Iritasi Jangka Panjang
Kosmetika yang tak sesuai usia juga bisa menyebabkan iritasi bagi kulit yang sensitif. Dalam beberapa kasus bisa menyebabkan jerawat atau purging. Beberapa orang yang tidak menanganinya dengan benar malah akan melakukan ‘jurus perawatan sendiri’ yang membahayakan kondisi mereka. Bila memang Anda iritasi, datanglah ke dokter kulit, bukan dokter kecantikan, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Memudarkan Kecantikan Alami
Ini dia yang paling membahayakan. Bagaimana kosmetika yang terlalu keras bagi kulit remaja bisa memudarkan kecantikan alami kulit Anda. Misalnya tadinya Anda memiliki kulit kuning langsat dan semi matte, namun karena ingin seperti artis tertentu, Anda menggunakan produk pemutih yang membuat kulit Anda memucat. Mungkin bagi Anda kulit menjadi lebih putih, namun sebenarnya Anda akan terlihat lebih tua.
 
Gunakan kosmetik dan makeup sesuai usia untuk menghindari resiko di atas. Kecantikan adalah hasil dari proses perawatan yang rutin, jadi jangan mudah tergiur iklan dan menginginkan hasil yang instan. Semoga bermanfaat, Ladies.(*)