Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami Ini

Jumat, 21 Februari 2020 07:53
Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami Ini

BERTUAHPOS.COM – Mengatasi bau badan memang tidak mudah. Menggunakan bahan-bahan kimia dalam mengatasi bau badan justru akan menambah masalah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selektif terhadap bahan-bahan yang digunakan untuk mengatasi bau badan.

Setiap orang cenderung memiliki bau badan. Untuk kamu yang ingin mengurangi bau atau menghilangkannya sama sekali, bisa coba langkah alami. Jika dilakukan dengan rutin, tubuh bisa lebih wangi dengan cara yang alami.

Advertisement

Inilah 7 cara mengurangi bau badan yang dirangkumkan oleh Popmama.com.

1. Gunakan ampas kopi

Baca: Soal Umur, seharusnya Orang Beriman Hanya 2 Ini

Kafein yang ada di dalam kopi tak hanya mampu membuat orang lebih bersemangat, namun juga bagus untuk menghilankan bau badan. Kandungan kafein dipercaya ampuh menghilangkan bau tidak sedap di area kulit.

Kamu bisa mencampurkan ampas rebusan teh yang dicampur dengan ampas kopi. Oleskan campuran tersebut dengan mengoleskan minyak zaitun sebelumnya.

Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Kandungan putrecine dari kopi bisa memberikan aroma wangi dan segar pada tubuh.

2. Oleskan jeruk nipis

Alih-alih mengoleskan deodoran, kamu bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Kandungan alami di dalam jeruk nipis bisa membantu menghilangkan bau badan secara alami.

3. Rebusan air daun sirih

Daun sirih dikenal mampu membantu mengurangi bau tak sedap dari tubuh, termasuk bau badan. Zat klavikula dan estradiol yang ada di dalam daun sirih mampu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat.

Kamu bisa merebus beberapa daun sirih dan mencampurkannya untuk mandi. Bisa juga meminum air rebusan daun sirih secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk sesekali, boleh juga mengoleskan tumbukan daun sirih ke ketiak kamu.

4. Gunakan cuka apel

Cuka apel juga dikenal ampuh menghilangkan bau badan. Cuka apel bisa melindungi keseimbangan pH kulit sehingga bakteri penyebab bau badan tak bisa menetap disana.

Kamu bisa mengoleskan cuka apel di area yang suka berkeringat dan mengeluarkan bau badan, seperti ketiak. Diamkan olesan tersebut sekitar 3 menit dan lanjutkan dengan membersihkannya sembari mandi. Lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.

Selain itu, mengonsumsi rutin cuka apel setiap hari juga bisa membantu membuat tubuh memiliki bau yang lebih sedap. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel yang dicampur madu. Minum setiap bangun tidur.

5. Baking soda sebagai pengganti deodoran

Penyebab utama bau badan adalah bakteri yang tumbuh di area lembap dan berkeringan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau badan tanpa deodoran adalah menggunakan baking soda. Baking soda bisa digunakan sebagai pengganti deodoran. Cara menggunakannya cukup dioles di ketiak setelah mandi.

6. Minum air cengkeh

Salah satu rempah yang bisa membantu kamu mengurangi bau badan adalah cengkeh. Rempah ini memiliki kandungan antibakeri yang bermanfaat untuk mengatasi bau badan.

Untuk penggunaannya, kamu bisa merendam beberapa buah cengkeh di air hangat. Kamu boleh meminumnya langsung atau ditambahkan madu. Konsumsi secara rutin sebanyak 3 kali seminggu.

7. Gunakan air perasan temulawak

Selain untuk menambah nafsu makan anak, temulawak juga berguna untuk mengurangi bau badan. Caranya, parut temulawak dan peras sampai airnya cukup untuk digunakan di kedua ketiak.

Kemudian campurkan dengan sedikit madu dan oleskan di kedua ketiak. Diamkan selama beberapa saat. Sesudahnya, kamu bisa membilasnya sambil mandi.

Perasan temulawak dan madu bisa digunakan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Kandungan alami di temulawak seperti minyak astiri, sapomin dan flavonoida mampu mencegah munculnya bau badan. (bpc3)

Berita Terkini

Rabu, 02 Desember 2020 15:30

Biaya Investasi di Indonesia Mahal

#investasi #biayainvestasi

Rabu, 02 Desember 2020 15:15

Kisah Nek Mitun yang Harus Tetap Bekerja di Usia Senja

#act #kemanusiaan #ekonomi

Rabu, 02 Desember 2020 14:30

Fojuri Gelar Diskusi Virtual ‘Tantangan Industri Asuransi di Masa Pandemi’

#asuransi #indrustrikeuangan #ojk

Rabu, 02 Desember 2020 14:30

Jubir Covid-19 Riau: Kami Sadar Ada Kejenuhan Masyarakat

#corona #covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 14:19

Tekanan Ekonomi, Masyarakat akan Memilih Karena Uang?

#PILKADA

Rabu, 02 Desember 2020 13:45

4.000 Lebih Orang di Pekanbaru Positif HIV/AIDS

#haiv/aids #riau #pekanbaru

Rabu, 02 Desember 2020 13:32

Pilkada Riau 2020, BPBD Petakan TPS Rawan Banjir

#pilkada #tps #pilkadariau #pilkada2020

Rabu, 02 Desember 2020 12:30

Riau Batasi Kegiatan dan Pasca Syamsuar Positif Corona

#covid #corona #pemprov #riau