Apakah Benar Pasien Sembuh dari Corona Harus Dijauhi, Ini Penjelasan yang Sebenarnya

Sabtu, 18 April 2020 20:38
Apakah Benar Pasien Sembuh dari Corona Harus Dijauhi, Ini Penjelasan yang Sebenarnya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Desas-desus soal COVID-19 sudah menyebar luar ke seantero dunia. Sebab mamang saat ini dunia tengah berperang melawan pandemi ini. Tanpa terkecuali di Riau. 

Tingginya jumlah kasus positif di Riau sejatinya membuat semua pihak harus waspada, sebab corona tak pernah mengenal tempat dan waktu.

Informasi terakhir yang dikeluarkan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Riau, jumlah pasien positif corona ada 30 orang, dengan rincian sembilan diantaranya sembuh, 17 masih dirawat dan empat meninggal dunia.

Tak perlu menjauhi asien sembuh dari corona.

Baca: Selalu Ada Saat Lebaran, Ini Resep Kue Roll yang Melegenda

Masyarakat Riau diminta untuk tidak fobia dengan penyebaran COVID-19. Ketakutan yang berlebihan justru akan menimbulkan masalah baru. Menurut dr Indra Yopi—sepsialis paru—pasien yang telah sembuh dari infeksi corona tidak perlu dijauhi. 

Dia membenarkan kalau hingga saat ini masih ada masyarakat yang mengucilkan mereka-mereka yang telah dinyatakan sembuh dari corona.

“Kami mendapat laporan pasien positif yang dinyatakan sembuh, bahkan pasien-pasien PDP yang negatif, mereka masih dijauhi oleh sebagian masyarakat. Menurut saya ini sangat tidak baik,” kata Indra Yopi, Sabtu 18 April 2020.

Pasien positif yang dinyatakan sembuh lebih kuat daripada masyarakat yang belum terkena virus sama sekali. “Sebenarnya kita lah yang lebih beresiko (terpapar virus). Karena pasien yang dinyatakan sembuh mereka memiliki kekebalan, sehingga kemungkinan besar tidak akan tertular lagi dengan virus Corona,” ujarnya.  

“Pasien positif yang sembuh sudah pulang, dan sebagian mereka masih menjalani isolasi mandiri 7-10 hari. Kemudian sebagian sudah selesai menjalani isolasi mandiri, dan sudah bisa berbaur dengan masyarakat lainnya,” terangnya. (bpc3)

Berita Terkini

Selasa, 19 Oktober 2021 13:09

DPP Upayakan Segera Musdalub untuk DPD ASITA Riau

ASITA Riau

Selasa, 19 Oktober 2021 12:22

Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp3.114/Kg

TBS, Sawit, Riau

Selasa, 19 Oktober 2021 10:36

Beredar Kabar Bupati Kuansing Di-OTT KPK

Kuansing

Selasa, 19 Oktober 2021 07:59

Benarkah Ibu dan Ayah Rasulullah SAW Kafir?

Ibu dan ayah rasul

Selasa, 19 Oktober 2021 07:40

Rasulullah SAW Berasal dari Keturunan yang Baik

Rasulullah SAW