Apa yang Anda Ketahui tentang Alergi Makanan?

Rabu, 29 Desember 2021 10:56
Apa yang Anda Ketahui tentang Alergi Makanan?

BERTUAHPOS.COM – Alergi makanan dan intoleransi makanan kadang digolongkan sebagai sensitivitas terhadap makanan atau reaksi yang tidak diinginkan terhadap makanan atau bahan dalam makanan yang dialami oleh individu tertentu, terjadi setelah mengonsumsi satu atau lebih makanan tertentu.

Pajanan dengan makanan dalam jumlah sedikit dapat memacu pelepasan berbagai mediator. Pada reaksi alergi terjadi pelepasan histamin, leukotrin, prostaglandin, dan sitokin. Gejala biasanya timbul dalam 30 menit bahkan dalam beberapa detik sampai menit setelah alergen dikonsumsi.

Menurut pemaparan dari Tim Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI/RSCM Jakarta reaksi biasanya tidak tergantung dari jumlah makanan. Ciri alergi makanan lainnya adalah melibatkan multiorgan. Ada delapan jenis makanan atau golongan makanan yang diduga dapat menimbulkan reaksi alergi, meskipun ada perbedaan regional.

Misalnya alergi seledri sering ditemukan di Eropa, biji wijen di banyak bagian lain di dunia. Hal itu juga dapat disebabkan pilihan diet. Di samping delapan jenis makanan utama (susu sapi, telur, ikan,gandum,kacang tanah, soya, udang, dan sejenis lobster), dan kacang-kacangan (almond, hazel, walnut, pecan, kacang mete, pistasio, makadamia) masih ditemukan 160 jenis makanan lainnya yang dapat menimbulkan reaksi alergi.

Baca: Ditinggalkan Kompany, Begini Cara Pep Pilih Kapten Baru Man City

Berbagai bahan yang digunakan dalam makanan seperti bahan pengisi, bumbu, pengawet, pewarna dan sebagainya, meskipun jarang namun dapat merupakan alergen dan menimbulkan reaksi alergi.

Gejala alergi makanan dapat mengenai kulit (gatal, wajah merah, urtikaria, angioedema,eksim,bibir dan mukosa oral bengkak, stomatitis, sariawan relaps, vaskulitis, dermatitis kontak, reaksi fotoalergik, erupsi eksantem,dermatitis herpetiformis dan panikulitis), mata dan saluran napas (rinokonjungtivitis, edem laring,asma bronkial), saluran gastrointestinal (nausea, muntah, meteorism, gastroenteritis akut, diare, kolitis) dan sistem kardiovaskular (anafilaksis).

Alergi makanan sering sulit diketahui dan biasanya baru dicurigai bila tidak ada penyakit lain. Prinsip utama dalam penanganan reaksi yang ditimbulkan makanan adalah menghindari makanan penyebabnya. Pada penderita dengan alergi bahan aditif, diperlukan pengetahuan mengenai zat aditif yang digunakan dalam makanan.

Untuk pencegahan secara farmakologis dapat digunakan stabilisator sel mast (kromoglikat oral) dan antihistamin. Obat-obatan esensial yang digunakan dalam terapi alergi makanan terdiri atas epinefrin, antihistamin, dan steroid.(bpc3)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.