Aneka Buah untuk Paru-paru Sehat

Selasa, 18 Februari 2014 12:52
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Asap yang dalam beberapa minggu ini menyelimuti hampir seluruh wilayah Kota Pekanbaru sangat menghawatirkan. Gangguan tenggorokan dan pernafasan menjadi momok besar penduduk.
 
Sebagai langkah antisipasi, bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan seperti berikut ini:
 
1. Jeruk
Vitamin C dalam buah ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru-paru. Buah-buahan seperti jeruk, lemon dan limau secara alami memiliki anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti asma. Vitamin C juga berperan baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, dan dapat mengurangi resiko penyakit paru obstruktif kronik pada perokok.
 
2. Berry
Jenis buah berry seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry mengandung resveratrol  fitokimia yang kuat, yang secara alami memiliki anti inflamasi, anti pembekuan darah, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat stress oksidatif yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru. 
Menurut Paul Gross PhD, dalan bukunya “Super Fruits”, mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 20 pernafasan. Berries juga tinggi anthocyanin yang dapat membantu mengurangi kanker paru-paru dan saluran pencernaan.
 
3. Tomat dan Apel
Mengkonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya phytochemical yang terdapat pada kulit buah tersebut. Zat ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi saluran nafas dari iritasi eksternal. Seperti, polusi dan asap rokok. Selan itu tomat juga kaya akan beta karotein, vitamin A dan likopen, yang dapat memelihara kesehatan mata.
 
Selain mengkonsumsi buah diatas, usahakan memakai masker saat keluar rumah dan lakukanlah olahraga ringan sebagai penyeimbang.(bbs/smr)