Amr ibn Tsabit, Mati Syahid Namun Tak Sempat Salat

Jumat, 29 November 2019 10:24
Amr ibn Tsabit, Mati Syahid Namun Tak Sempat Salat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ada seorang muslim yang mendapatkan kemulian mati syahid dalam Perang Uhud. Namun, muslim tersebut ternyata baru masuk Islam dan belum pernah melakukan salat.

Namanya Amr ibn Tsabit ibn Waqqasy. Pada awalnya, Amr ibn Tsabit meragukan kenabian Rasulullah SAW dan meragukan Islam.

Advertisement

Keluarganya Amr ibn Tsabit yang telah memeluk Islam selalu mengajaknya untuk beriman kepada Allah SWT. Namun, Amr ibn Tsabit masih tak tergerak hatinya.

“Jika aku tahu bahwa yang kalian sampaikan itu adalah kebenaran, maka aku tak akan memperlambat diriku memeluk Islam,” demikian jawaban yang selalu disampaikan Amr ibn Tsabit.

Baca: Siapkan 30 Nasi Bungkus, SMJ Pekanbaru ‘Beramal’ Malam Ini

Namun, setelah Rasulullah SAW berangkat ke Perang Uhud, Amr mendapatkan hidayah bahwa Islam adalah agama yang benar. Bahwa benar Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

Amr segera menyatakan dirinya masuk Islam di hadapan kaum muslimin di Madinah. Setelahnya, dia segera menyiapkan senjatanya dan menyusul Rasulullah SAW ke medan Perang Uhud.

Setibanya di medan perang, Amr ibn Tsabit segera berperang melawan kaum Quraisy dengan gagah berani. Hingga akhirnya, dia terluka dan mati syahid karena berperang di jalan Allah.

Karena begitu masuk Islam dan langsung menuju peperangan, Amr ibn Tsabit tak sempat bersujud dalam salat. Namun, saat-saat diambang kematian, Amr ibn Tsabit berkata, ” Islam. Aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Aku mengambil pedangku, dan mengikuti perang ini, dan Allah menganugerahiku kesyahidan”. (bpc2)

Disadur dari buku Abdul Hamid Jaudah al-Sahhar, dengan judul: Perang Uhud, Kisah Pertempuran Sarat Pelajaran Hidup yang Tak Terlupakan, Terbitan Qalam, Jakarta

Berita Terkini

Jumat, 04 Desember 2020 08:01

Saat Konflik Aceh Berakhir, Korban 15 Ribu Jiwa

#ACEH

Kamis, 03 Desember 2020 20:02

Pak Mursini, Jadilah Pemimpin Yang Jujur, Jangan Berbohong!

#sidang #korupsi #kuansing

Kamis, 03 Desember 2020 17:40

Satgas Covid-19 Akui Sistem Data Belum Optimal

#data #covid #corona

Kamis, 03 Desember 2020 17:18

Pochettino Tertarik Latih PSG?

#PSG

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau