5 Tips untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru

Sabtu, 22 Februari 2014 06:54
5 Tips untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru

BERTUAHPOS.COM – Bagi Anda yang baru pindah kerja atau mencoba jenis pekerjaan baru, lingkungan baru yang akan Anda masuki bisa menjadi tantangan tersendiri. Anda perlu mempersiapkan banyak hal agar bisa segera menguasai bidang pekerjaan Anda. Berikut ini adalah lima tips untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru yang seperti dilansir HowStuffWorks dan CiteHR.

1. Bersikap positif
Menunjukkan sikap yang menyenangkan di tempat kerja. Menjadi orang yang menyenangkan merupakan langkah dasar untuk dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan baru. Kuncinya adalah bersikap ramah namun tetap sopan agar Anda bisa memberikan kesan yang baik terhadap rekan-rekan kerja Anda.

2. Ketahui deskripsi tugas
Anda harus mengetahui spesifikasi pekerjaan Anda sejak awal. Cari tahu pos-pos apa saja yang menjadi bagian dari wilayah tugas Anda agar lebih fokus dalam mempelajari pekerjaan.

3. Kenali budaya kerja perusahaan
Agar mudah beradaptasi dengan pekerjaan, terutama dengan rekan-rekan kerja yang akan berurusan dengan Anda setiap hari, kenalilah budaya kerja perusahaan. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan mental lebih awal untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan.

Baca: Tips Diet Sehat ala dr Zaidul Akbar

4. Terbuka untuk menerima kritik dan saran
Salah satu penyebab karyawan baru sulit bertahan adalah kurangnya kemampuan untuk menerima kritik dan saran. Kritik yang membangun dari atasan maupun rekan-rekan kerja yang lebih senior akan membantu Anda untuk lebih cepat menguasai bidang pekerjaan yang baru.

5. Tentukan target untuk diri sendiri
Sebagai seorang karyawan Anda pasti dibekali dengan target yang harus dicapai dalam sehari, sebulan, atau setahun. Tetapi tak ada salahnya jika Anda membuat target pribadi. Tentukan hal apa saja yang ingin Anda capai dalam pekerjaan dan tentukan pula rentang waktu pencapaiannya. Semakin detail target yang Anda buat akan semakin bagus.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menyesuaikan diri di tempat kerja baru.(Tsr/Merdeka.com)

Â