5 Barang di Rumah yang Tak Disangka Paling Banyak Kuman

Selasa, 07 Januari 2014 16:14

BERTUAHPOS.COM, Jakarta : Banyak yang berpikir bahwa di luar rumah adalah biang kuman. Padahal tanpa disadari di rumah sendiri ada banyak tempat berkembang biak bagi kuman dan mikroba lainnya yang bisa membuat Anda dan keluarga sakit. Namun dari sekian banyak penyebaran kuman, seperti ditulis Healthmeup, Minggu (5/1/2014) ada 5 barang yang wajib dibersihkan karena rentan penyebaran kuman. Berikut adalah lima barang tersebut:

1. Keran air

Logam keran air di dapur adalah tempat favorit bagi kuman. Selain itu, jika Anda secara tidak sengaja menyentuhnya dengan jari kotor atau makanan, bakteri dan kuman akan banyak tumbuh di atasnya. Apalagi ketika Anda menghidupkan keran untuk mencuci piring, air akan turun bersama kuman dan masuk ke piring. Untuk menghindari penyebaran kuman bersihkan keran menggunakan desinfektan seminggu sekali.

2. Gagang sikat gigi

Baca: Mencegah Kanker, Ini Manfaat Makan Biji Nangka

Setelah menyikat gigi, seringkali kita lupa untuk membersihkan gagangnya. Padahal menurut ahli mikrobiologi, ketika sikat gigi ditempatkan dekat wastafel atau toilet, tak hanya sikatnya saja yang rentan kuman tapi juga gagangnya. Untuk menghindari penyebaran kuman, bersihkan gagang sikat gigi juga setelah menyikat gigi.

3. Seprai

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa kebanyakan orang mengganti seprai sebulan sekali. Artinya, selama satu bulan seprai Anda penuh dengan keringat, air liur dan debu. Ditambah lagi bila Anda memiliki hewan peliharaan yang suka datang ke tempat tidur. Untuk menghindari kuman di tempat tidur Anda, cucilah seprai seminggu sekali.

4. Lap tangan di dapur

Lap tangan di dapur dinilai memiliki strain berbahaya E. coli dan bakteri lainnya. Ketika Anda terus menggunakannya, kuman akan terus bertambah. Untuk menghindari hal ini cucilah lap atau serbet tiap kali digunakan atau buang lap setelah digunakan.

5. Remote

Tidak pernah menyangka kalau remote juga penuh dengan kuman? Remote menurut para peneliti digunakan banyak tangan dan di sudut-sudut remote pun sangat rentan kuman. Belum lagi jika remote jatuh dan tidak pernah dibersihkan. Untuk menghindari hal ini, bersihkan remote televisi, DVD dan sebagainya secara teratur dengan tisu beralkohol.

(Fit/Igw/liputan6.com)