4 Langkah Mempersiapkan Keuangan Sebelum “Resign”

Senin, 13 Oktober 2014 11:20
4 Langkah Mempersiapkan Keuangan Sebelum “Resign”

BERTUAHPOS.COM  – Setiap orang tentunya tidak berniat untuk berhenti kerja apabila kondisi pekerjaan baik-baik saja, sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Akan tetapi, situasinya terkadang berbeda dari harapan. Bagaimana langkah mempersiapkan keuangan sebelum berhenti kerja ? Hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Dana Darurat
Siapkan dana darurat yang multiguna bagi Keuangan kita. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan kondisi darurat keuangan pribadi dan keluarga, tapi juga untuk mencukupi biaya hidup bulanan saat kita tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan. Bagi Si Lajang, dana darurat yang minimal perlu dimiliki adalah sebesar 3 x biaya bulanan. Sementara untuk yang sudah berkeluarga, dana darurat yang minimal perlu dimiliki adalah sebesar 6 x biaya bulanan.

Advertisement

2. Batasi Utang Konsumtif
Utang konsumtif akan memberatkan keuangan kita dalam kondisi tidak memiliki penghasilan. Minimalkan jumlah utang konsumtif yang kita miliki, sehingga kondisi keuangan kita lebih baik dan stabil.

3. Sesuaikan Periode Utang
Kalau kita memiliki gambaran untuk tetap di perusahaan ini seumur hidup, tentu saja kita bisa memiliki utang di kantor dalam periode panjang. Akan tetapi, kalau kita memiliki rencana untuk tidak terlalu lama di suatu tempat, maka sebaiknya pinjaman kantor diambil dalam periode pendek dan dalam jumlah yang wajar. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah melunasinya, saat kita ingin pindah ke tempat kerja lain.

Baca: TIPS KARIR: 3 Cara Tunjukkan Rasa Hormat ke Sesama Rekan Kerja

4. Cari Pekerjaan Lain
Cobalah untuk mencari pekerjaan di tempat lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja. Hal ini tentunya akan meringankan keuangan kita dan tidak mengganggu pembayaran rutin bulanan yang kita miliki.

Cobalah cari alternatif yang paling memungkinkan dengan kondisi saat ini. Jangan terlalu memaksa apabila kondisi keuangan tidak cukup memenuhi biaya hidup saat tidak berpenghasilan. Jika pun terpaksa, Anda perlu mempersiapkan keuangan sebelum resign.(tabloidnova)