4 Bisnis yang bikin orang Indonesia jadi miliuner dunia

Kamis, 06 Maret 2014 07:39

BERTUAHPOS.COM – Forbes kembali melansir ribuan nama miliuner dunia. Orang-orang tajir sejagat tidak hanya diisi oleh orang tua, tapi mulai muncul sederet anak muda dengan prestasi gemilang dan harta kekayaan yang menakjubkan.

Dari data Forbes, ada 10 orang Indonesia yang masuk jajaran 1.000 orang terkaya di dunia 2014. Nama-nama mereka tidak asing lagi di telinga mengingat kisah sukses mereka menjalankan bisnisnya sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang di dalam negeri. Kekayaan yang mereka peroleh tidak datang begitu saja, ada kerja keras dan keseriusan membangun kerajaan bisnisnya.

Jika disandingkan dengan daftar orang Indonesia yang masuk jajaran orang terkaya dunia versi Forbes, maka diperoleh beberapa sektor yang diyakini cukup sukses menjadikan orang Indonesia menjadi miliuner dunia.

1. Infrastruktur dan alat berat

Achmad Hamami membuktikan bahwa bisnis sektor ini mampu menjadikan orang Indonesia sebagai miliuner dunia. Pria ini mulai aktif berbisnis pada dekade 1970-an. Dengan mengibarkan bendera Trakindo Utama, Achmad Hamami mendapat kepercayaan menjadi agen produk Caterpillar di Indonesia. Trakindo menjadi pemain utama bisnis sektor alat berat, konstruksi, dan infrastruktur di dalam negeri.

Baca: Ini Alasan Harus Matikan “Smartphone” Lewat Pukul 09.00 Malam

2. Sumber Daya Alam

Nama pertama adalah Bachtiar Karim. Dalam daftar 1.000 orang terkaya dunia 2014 yang dilansir Forbes, Bachtiar Karim ada di peringkat 869. Harta kekayaannya, menurut Forbes, mencapai USD 2 miliar. Bachtiar adalah bos dari PT Musim Mas yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO. Perusahaan yang dikelolanya memiliki kapal tanker dan terminal sendiri. Pabrik pengolahan sawit milik Musim Mas disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia.

3. Jasa dan Ritel

Bisnis ritel memang tidak mudah. Tapi pasar memang selalu membutuhkan produk-produk jasa dan ritel. Chairul Tanjung membuktikan bahwa bisnis ini mampu membawa orang Indonesia masuk jajaran miliuner dunia.

Pada daftar peringkat 2014, Chairul Tanjung yang memiliki CT Corp berada di peringkat 375 dunia dengan nilai kekayaan USD 4 miliar atau sekitar Rp 46 triliun.

4. Industri rokok

Orang terkaya di Indonesia, Budi dan Michael Hartono sukses mengibarkan bendera Djarum sebagai salah satu industri rokok besar di dalam negeri. Dengan pasar yang besar, rokok menjadi salah satu potensi bisnis yang cukup cemerlang. Tidak heran jika saat ini semakin banyak bermunculan rokok-rokok baru.

Dengan bendera Djarum, duo Hartono masuk dalam jajaran orang-orang kaya dunia. Kekayaan mereka masing-masing USD 7,6 miliar (Budi Hartono) dan USD 7,3 miliar (Michael Hartono).(mer)