2 Alasan Kenapa Bisnis Anda Sering Gagal

Jumat, 21 Februari 2014 07:20

BERTUAHPOS.COM, Los Angeles – Menyusun rencana bisnis seolah menjadi syarat utama bagi para pengusaha baru yang ingin sukses. Sayangnya, banyak rencana bisnis yang gagal atau bahkan sama sekali tidak dijalani para pengusaha tersebut.

Seperti dikutip dari Inc.com, pengusaha yang telah membantu lebih dari 70 ribu pebisnis di 145 negara, Michael Gerber mengatakan rencana bisnis tradisional seringkali tidak berhasi dijalankan. Itu lantaran para pebisnis menyusunnya dengan dua alasan yang keliru.

Advertisement

Pertama, para pengusaha baru menyusun rencana bisnis karena itulah yang dilakukan sebagian besar pengusaha sukses. Alasan lain, para pengusaha merasa harus menyusun rencana bisnis guna memperoleh pinjaman modal dari bank.

Menurut Gerber, rencana bisnis yang disusun berdasarkan dua alasan tersebut seringkali tidak berhasil. Rencana bisnis yang dituliskan cenderung, bersifat analitis, imajinatif, utuh.

Baca: Kevin De Bruyne: Tak Perlu 98 Poin untuk Juara Premier League Musim Depan

Rencana tersebut seringkali dimulai dari ide bisnis yang disertai pikiran serta alasan logis. sayangnya, Gerber menilai rencana bisnis tradisional seringkali tidak menyertakan tujuan spesifik dan keinginan kuat para pengusaha.

Seringkali, rencana bisnis itu juga dimulai dari sebuah asumsi dan dugaaan yang belum tentu benar. Padahal, kondisi bisnis dan iklim investasi cenderung fluktuatif dan bisa berubah kapan saja.

Sementara rencana bisnis yang selalu berhasil dimulai dari pendekatan diri sendiri. Dimulai dengan meraba perasaan pribadi guna menemukan apa yang sebenarnya Anda ingin capai dengan bisnis tersebut. Yang paling penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis adalah melibatkan perasaan pribadi ke dalamnya dan tidak terpusat pada logika semata. (Sis/Ndw/Liputan6.com)

Berita Terkini

Jumat, 14 Agustus 2020 07:01

Catatan Sejarah 14 Agustus: Lahirnya Gerakan Pramuka

#PRAMUKA

Jumat, 14 Agustus 2020 06:32

Ibu Susi Buka Lowongan Kerja, Ada yang Minat? Cek Dulu Syaratnya

BERTUAHPOS.COM — Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti buka lowongan kerja, beberapa posisi untuk di kantornya. Informasi lowongan kerja itu diunggah Susi Pudjiastuti di…

Jumat, 14 Agustus 2020 05:25

3 Hal Urgen yang Harus Dilakukan Telkomsel Terkait Kasus Gangguan Jaringan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ada banyak pihak yang terdampak dari gangguan jaringan Telkomsel akibat terbakarnya Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, pada Selasa,…

Jumat, 14 Agustus 2020 04:15

RB Leipzig Singkirkan Atletico Madrid

#CHAMPIONS

Kamis, 13 Agustus 2020 19:20

Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rusak

#FAKTOR RAMBUT RUSAK

Kamis, 13 Agustus 2020 19:11

Yuk Kenali Faktor Penyebab Kanker Pada Anak

#CEGAH KANKER PADA ANAK