DPRD Pekanbaru: Kita Panggil Dinkes dan Rumah Sakit yang Membandel

Rabu, 27 Agustus 2014 18:14
DPRD Pekanbaru: Kita Panggil Dinkes dan Rumah Sakit yang Membandel

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU -  Terkait bungkamnya Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam melakukan pengawasan limbah yang ada di Pekanbaru, Angoota DPRD Kota Pekanbaru Zaidir akan memanggil  dinas kesehatan sebagai dinas yang terkait dalam masalah limbah tersebut. Menurutnya, persoalan limbah harus segera ditangani dan diantisipasi lebih dini, sebelum bencana terjadi.

“Kalau memang dinas kesehatan dan dinas terkait menghindar dan tidak mau terbuka soal limbah, tentu kita akan panggi. Kita juga akan memanggil rumah sakit yang masih membandel dan dinas terkait yang lemah dalam melakukan pengawasan termasuk dinas kesehatan,”tegasnya.

Advertisement

Menurutnya, masalah limbah merupakan masalah yang sangat serius. Sebab, limbah yang tidak dikelola secara baik dan optimal, akan berdampak pada jangka menengah dan panjang. “Sekarang mungkin belum terasa, tetapi kedepannya, bahaya. Kita panggi dinas kesehatan maupun dinas terkait lainnya, termasuk rumah sakit,” pungkas Zaidir melalui sambungan selulernya.

Hal senda juga dikatakan Ronie Amriel Anggota Komisi IV DPRD kota Pekanbaru,”Semestinya rumah sakit yang belum lakukan pengelolaan limbah dengan baik, harus di tindak lanjut oleh SKPD terkait, harus di follow up oleh dinas terkait seperti Dinas Kesehatan dan BLH supaya kegiatan – kegiatan yang memerlukan pengelolaan air limbah di awasi sesuai dengan peraturan kementerian lingkungan hidup.

Baca: Kadinsos Riau Sebut 227 Ribu Penerima BPNT Hasil Validasi Pusat

“Jika masih membandel surati, jika tidak mau berubah baru gunakan wewenang pemerintah, dan kalau perlu cabut izin tempat usahanya,” tegasnya.(yogi)