Catatan Sejarah 26 Desember: Gempa dan Tsunami Aceh

Kamis, 26 Desember 2019 09:02
Catatan Sejarah 26 Desember: Gempa dan Tsunami Aceh

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi terbesar ketiga di dunia terjadi di Aceh. Kekuatan gempa ini tercatat pada awalnya 8,8 Skala Richter (SR), namun kemudian direvisi menjadi diatas 9,0 SR.

Gempa ini juga menjadi gempa terlama di dunia, dengan durasi 8-10 menit. Bahkan, saking kuatnya gempa ini, seluruh planet Bumi bergetar 1 sentimeter.

Advertisement

Titik pusat gempa berada di Samudera Hindia, 160 kilometer arah utara Pulau Pulau Simeuleu, dengan kedalaman 30 kilometer.

Akibat gempa ini, lempeng bumi yang disebut megathrust Sunda patah sepanjang 1.300 kilometer. Gempa dan patahan bumi ini kemudian menimbulkan tsunami yang mencapai ketinggian 30 meter menerjang ke daratan.

Baca: MUI VS Kemenag Soal Standardisasi Dai

Sebagian daratan Aceh luluh lantak. Korban yang jatuh, menurut pihak pemerintah Indonesia adalah 220.000 jiwa. Ini menjadi korban terbanyak dan merupakan yang terburuk di Indonesia.

Minimnya alat deteksi dini tsunami dipercaya ahli semakin membuat banyak korban berjatuhan. Apalagi, kecepatan gelombang air mencapai 500 kilometer per jam. (bpc2)