Ridwan Kamil Ikut Komentari Soal Babi Ngepet

Jumat, 30 April 2021 19:31
Ridwan Kamil Ikut Komentari Soal Babi Ngepet
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (@ridwankamil)

BERTUAHPOS.COM — Belakangan jagat maya dihebohkan oleh video soal babi ngepet di Kota Depok, dan diketahui bahwa itu hoaks. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga ikut nimbrung memberikan pandangannya soal kabar ini. Dia prihatin, ada saja oknum yang mengelabui masyarakat dengan informasi tak benar, dia juga prihatin ada banyak warga yang termakan informasi hoaks itu.

Advertisement

Rasa prihatin itu dituangkan Ridwan Kamil dalam instagram pribadinya @ridwankamil. Dia mengungkapkan ada beberapa hal yang buat dirinya prihatin. “Masyarakat yang mudah percaya dengan hoaks dan tetangga julid,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

“Masih banyak masyarakat yang mudah percaya hoaks. Apalagi pembuat hoaksnya adalah tokoh setempat. Karena akal sehat dan rasionalitas sering dikalahkan oleh hal-hal irasional,” kata Kang Emil dalam caption postingannya.

Baca: McD Sarinah Tutup 10 Mei Nanti, Petinju Legendaris Muhammad Ali Ternyata Pernah Kesini Traktir Warga Jakarta

BACA JUGA:  Kenapa Seseorang Mudah Termakan Hoak?

Soal perilaku tetangga julid, syirik, dan menuduh tetangga lainnya yang nganggur tapi banyak uang, juga hal lain yang menjadi keprihatinan Ridwan Kamil.

“Tetangga julid. Sudah mah irasional juga hobi ngomporin menyiram bensin ke api. Menuduh jika tetangga kaya tapi jarang ke luar rumah artinya duitnya tidak halal,” ujarnya.

Dia berusaha meluruskan bahwa saat ini ada banyak pekerjaan untuk menghasilkan uang, namun bisa dilakukan dari rumah. Artinya, tuduhan-tuduhan tetangga jurid seharunya tidak dilakukan karena berpotensi fitnah dan memecah belah persatuan antar sesama.

“Padahal hari ini, jual beli online bisa dari rumah, jadi konsultan konten marketing, grafis, bahkan dulu saya arsitek, di awal-awal pernah kerja di rumah selama 2 tahun, mengerjakan kerjaan dari luar negeri,” sebutnya.

Harapan Kang Emil, generasi penerus bangsa bisa terhindar dari hal-hal tersebut. “Mudah-mudahan anak cucu kita yaitu generasi Z dan generasi Alpha mah jauh dari hal-hal begini. Aamiin,” tuturnya. (bpc2)