Setelah Hagia Sophia, Erdogan Ubah Gereja Jadi Mesjid

Sabtu, 22 Agustus 2020 07:31
Setelah Hagia Sophia, Erdogan Ubah Gereja Jadi Mesjid

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengubah Gereja Chora menjadi menjid. Gereja ini merupakan salah satu bangunan di masa Kekaisaran Bizantium dan cukup terkenal di Istambul.

Keputusan ini diambil Erdogan setelah sebulan bangunan Hagia Sophia dijadikan tempat ibadah untuk umat Islam. Diketahui Gereja Chora itu merupakan gereja juru selamat Kudus pada abad pertengahan.

Advertisement

Bangunan itu berdiri tak jauh dari tembok Konstatinopel. Bangunannya dihiasi mozaik dan lukisan dinding Bizantium abad ke-14, menceritakan kisah alkitab.

Mengutip republika, langkah Erdogan tergolong berani, apalagi setelah dirinya mendapat banyak kecaman setelah mengubah bangunan bersejarah Hagia Sopia menjadi mesjid.

Baca: Apa Hukum Nikah Jika Hamil Duluan?

Orang-orang gereja dan dunia Barat menuding, tindakan Erdogan berpotensi memperburuk pertikaian agama. Namun faktanya tidak seperti itu.

Mengenai mozaik dan lukisan di Gereja Chora, hiasan ini pernah ditutup saat kerajaan Muslim Ottoman berhasil menaklukan kota pada 1453. Namun dibuka kembali saat Hagia Sophia dijadikan museum, 70 tahun yang lalu. Kini Erdogan menjadikan bangunan gereja itu sebagai Mesjid. (bpc2)