Malaikat Izrail Tertawa, Menangis, dan Terkejut Saat Mencabut Nyawa

Selasa, 11 Mei 2021 13:02
Malaikat Izrail Tertawa, Menangis, dan Terkejut Saat Mencabut Nyawa

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Menurut Kitab Tadzkirah oleh Imam Qurhubi, dilansir dari Sindonews, pernah terjadi percakapan antara Allah SWT dengan malaikat pencabut nyawa, Izrail.

Allah SWT bertanya, apakah Izrail pernah menangis saat mengambil nyawa hambanya.

Advertisement

“Aku pernah tertawa, pernah juga menangis, dan pernah juga terkejut dan kaget,” jawab Izrail.

Allah kembali bertanya, apa yang membuat malaikat Izrail tertawa.

Baca: Saudi Kembali Hentikan Sementara Visa Umrah untuk Indonesia

Dijawab oleh Izrail, saat itu dia hendak mencabut nyawa orang datang ke tukang sepatu terbaik, dan memesan sepatu yang tahan lama untuk dipakai selama bertahun-tahun.

“Aku tertawa karena belum sempat orang tersebut memakai sepatu pesanannya, sudah kucabut nyawanya,” kata Izrail.

Lalu, Allah bertanya lagi, apa yang membuat Izrail menangis saat mencabut nyawa.

“Aku menangis ketika hendak mencabut nyawa seorang wanita hamil di tengah gurun padang pasir dan hendak melahirkan. Aku menunggu sampai banyinya dilahirkan. Lantas kucabut nyawa wanita itu sambil menangis karena mendengar tangisan banyinya karena tidak ada satupun orang yang mengetahui kelahiran bayi tersebut,” jawab Izrail.

Lalu Allah bertanya lagi “apa yang membuatmu kaget dan terkejut?”

“Aku terkejut dan kaget ketika hendak mencabut nyawa salah seorang ulama Engkau. Aku melihat cahaya terang benderang keluar dari kamarnya, setiap kali aku mendekatinya cahaya itu semakin menyilaukanku seolah ingin mengusirku, lalu kucabut nyawanya disertai cahaya tersebut,” jawab Izrail.

Allah kembali bertanya, apakah Izrail mengetahui siapa ulama yang dicabut nyawanya tersebut, yang dijawab tidak oleh Izrail.

“Sesungguhnya lelaki itu adalah bayi dari ibu yang kau cabut nyawanya di gurun pasir gersang. Akulah yang menjaganya,” kata Allah. (bpc4)