Jangan Mencela Ciptaan Allah

Minggu, 31 Mei 2020 22:05
Jangan Mencela Ciptaan Allah

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Allah SWT menciptakan manusia dalam berbagai bentuk. Dan karena semuanya merupakan ciptaan Allah, manusia sebagai hamba dilarang menghina dan mengolok-oloknya.

“Kamu semua pasti tahu, bahwa kita semua adalah ciptaan Allah. Maka, janganlah kamu mengolok-olok ciptaan Allah,” jelas khatib jumat di Masjid Baitul Makmur, Pekanbaru.

Advertisement

Misalnya bentuk wajah dan hidung. Jangan sampai ada yang menghina wajah orang lain. Atau bahkan jangan sampai mengolok-olok bentuk hidung orang lain.

“Karena semuanya ciptaan Allah SWT. Janganlah memperolok-olok,” tambah sang khatib.

Baca: Bencana Hidup Jauh Dari Al-Qur’an

Khatib kemudian mengutip firman Allah dalam surat Al-Hujurat ayat 49:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS: Al-Hujurat: 49)

“Bahwa kita semua ciptaan Allah. Kita jadikan perbedaan ini sebagai anugerah untuk saling mengenal dan juga melihat kebesaran Allah,” pungkas khatib. (bpc2)

Artikel ini adalah intisari khutbah jumat di Masjid Baitul Makmur Pekanbaru, 4 Oktober 2019