Inilah 3 Nikmat Allah, Nikmat Pertama yang Banyak Dipilih Manusia

Jumat, 06 Maret 2020 13:13

BERTUAHPOS.COM – Allah SWT memerintahkan kepada umat muslim untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. “Hal ini sejalan dengan apa yang diperingahkan Allah di dalam Al-Qur’an,” kata Ustaz Maulana dalam khutbahnya, Jumat, 6 Maret 2020.

Dia menjelaskan, dari sekian banyak nikmat yang Allah turunkan seringkali manusia tidak menyadari bahwa kenikmatan itu datangnya dari Allah. Sehingga banyak juga manusia yang ingkar sehingga membawa mereka ke dalam lingkaran setan.

Pada dasarnya, ada 3 janis nikmat Allah yang dari ketiga itu sudah mencakup secara keseluruhan kenimatan, hingga sejatinya jika manusia bisa merenungkan, maka tak ada lagi rasa ingkar di dalam jiwanya.

1. Nikmat Allah yang Paling Kecil.

Baca: Benarkah Setiap Muslim Wajib Berdakwah?

Nikmat Allah yang paling kecil itu adalah dunia beserta isinya dan itu akan hancur dan binasa, yang di dalamnya ada harta, tahta (pangkat jabatan kedudukan). Orang akan berebut mencari ketiganya siang malam bahkan tak tahu mana yang halal dan mana yang haram. Harta yang Allah berikan itu bukan jatah tapi amanah. Nikmat ini pulang yang paling banyak dipilih oleh manusia.

2 Nikmat Allah yang Besar.

Nikmat Allah yang besar adalah Islam. Agama Islam telah mengajarkan umat manusia untuk menjadi Rahmat bagi sekalian alam. Islam hadir dengan ilmu pengetahuan yang menuntun akal fikiran manusia agar bisa menjalani kehidupan di dunia sampai tujuan keselamatan dunia dan akhirat.

Islam menjadi rambu-rambu agar manusia menjalani hidup sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulnya. Islam mengajarkan pada dirinya tentang hak, batil, baik, buruk, dan segala ketentuan lainnya dalam hidup dan kehidupan ini.

3. Nikmat Allah yang paling besar.

Nikmat Allah yang paling besar bertemu dengan Allah di akhirat nanti. Allah punya rahasia besar dan tak seorangpun di muka bumi mengetahuinya. Namun janji Allah pasti akan terwujud. Surga yang Allah janjikan merupakan salah satu nikmat yang basar. Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang taat, marilah senantiasa kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya. (bpc3)